ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENOLAKAN GUGATAN WARIS DALAM PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA JOMBANG NO. 1056 PDT G 2010PA JBG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Dian Alfin (2013) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENOLAKAN GUGATAN WARIS DALAM PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA JOMBANG NO. 1056 PDT G 2010PA JBG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENOLAKAN GUGATAN WARIS DALAM PUTUSAN HAKIM PENGADILAN AGAMA JOMBANG NO. 1056 PDT G 2010PA JBG ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan Mengapa Majelis Hakim menolak gugatan waris dalam perkara No 1056 Pdt G 2010 A Jbg, bagaimana dasar pertimbangan Majelis Hakim menolak gugatan waris, dan bagaimana analisis yuridis terhadap putusan Pengadilan Agama Jombang tentang penolakan gugatan waris No.1056 Pdt G 2010 PA Jbg ?
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Metode deskriptif analisis digunakan untuk menggambarkan secara jelas mengenai penolakan gugatan waris dalam putusan Hakim Pengadilan Agama Jombang No. 1056 Pdt G 2010 PA Jbg sebagai objek yang diteliti, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu diawali dengan mengemukakan teori-teori yang bersifat umum tentang waris, gugatan dan yurisprudensi, lalu dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus dari hasil penelitian, kemudian digunakanlah teori-teori diatas sebagai alat untuk menganalisis deskripsi perkara, selanjutnya ditarik kesimpulan khusus.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penolakan gugatan waris dalam putusan Hakim Pengadilan Agama Jombang No 1056 Pdt G 2010 PA Jbg adalah karena sebagian penggugat telah mencabut gugatannya yang menyebabkan gugatan cacat formil (plurium litis consortium) yakni tidak semua ahli waris turut sebagai pihak dalam perkara. Dasar yang digunakan Majelis Hakim adalah Yurisprudensi MARI No 621 K Sip 1975 tanggal 25 Mei 1977. Hal ini tidaklah tepat karena inti dari permasalahan yang terdapat dalam keputusan MARI tersebut berbeda dengan kasus yang terjadi di Pengadilan Agama Jombang. Serta keputusan ini menimbulkan kejanggalan karena tidak ada aturan hukum yang mengharuskan ahli waris yang tidak menguasai obyek sengketa menjadi turut tergugat. Jika hal ini hanya merupakan proforma, maka tidaklah tepat jika gugatan dianggap tidak sempurna atau cacat formil.
Dengan selesainya penulisan skripsi ini, dapatlah kiranya penulis memberikan saran bagi para penegak keadilan (hakim) sebaiknya dalam memutus perkara seharusnya lebih melihat dari sisi keadilan sehingga tidak ada pihak yang di rugikan khususnya para pencari keadilan yang ingin menuntut haknya. Sedangkan bagi pencari keadilan jika ingin kasusnya bisa diselesaikan dipengadilan maka dapat mengajukan gugatan baru dengan lebih disempurnakan lagi kekurangannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suis Qoim Abdullah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Dian AlfinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Waris
Keywords: Penolakan Gugatan; Waris;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 31 Mar 2015 10:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item