PENGARUH SANKSI HUKUMAN TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR ANAK DI MI DARUSSALAM PAGESANGAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifuddin, Khafid (2013) PENGARUH SANKSI HUKUMAN TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR ANAK DI MI DARUSSALAM PAGESANGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
caover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babb 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Sekolah adalah sebagai bagian dari pendidikan nasional yang nantinya dapat meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, dan akhlak mulia. Begitu pula dengan disiplin diri merupakan aspek utama membentuk siswa pada dunia pendidikan dalam upaya mengembangkan pemahaman diri sesuai dengan kecakapan, minat, pribadi, dan hasil belajar. Serta mewujudkan peserta didik untuk dapat berprilaku baik dan mentaati tata tertib sekolah, sehingga dalam upaya kegiatan pembelajaran siswa di sekolah berjalan dengan efesien, efektif, dan bertanggung jawab dalam meletakkan dasar-dasar tata tertib.
Sanksi hukuman adalah proses sadar yang dilakukan guru pada muridnya. Dalam memberikan Sanksi hukuman, seorang guru tentu perlu memperhatikan berbagai aspek yang akan ditimbulkan, negatif positifnya, dan lain-lain. Seperti telah diketahui bersama bahwa pelaksanaan pendidikan dan pengajaran tidak akan terlepas dari pada bagaimana cara untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan dari semula dan/atau bagaimana cara mengajar agar bisa berjalan dengan lancar berdasarkan metode atau alat yang akan digunakan.
Masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan sanksi hukuman MI Darussalam Surabaya dapat meningkatkan efektifitas belajar anak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku di sekolah terutama kelas V MI Darussalam Surabaya melalui penerapan sanksi hukuman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengambilan data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel x (sanksi hukuman) dengan variabel y (efektifitas belajar anak). Hal itu di buktikan dengan adanya bukti dari jawaban responden pada angket yang diberikan serta observasi yang dilakukan. Berdasarkan analisis data menunjukkan : Bentuk sanksi hukuman yang mewakili x mempunyai hasil 96%, sedangkan efektifitas belajar anak mewakili y yang terdiri dari: Aktifitas belajar siswa berpengaruh dari sebelum penelitian dengan mean 5,80 menjadi mean 8,00. Hasil belajar siswa melalui tes tertulis dari mean 2,6 menjadi mean 3,5. Jadi antara sanksi hukuman dengan peningkatan efektifitas belajar anak di MI Darussalam terdapat pengaruh yang cukup besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Irma Soraya
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifuddin, KhafidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Sanksi Hukuman; Efektifitas; Belajar anak
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item