PENGGUNAAN STRIP COMIC SEBAGAI MEDIA DALAM PENGAJARAN MENULIS DI MTS. AT-TAQWA LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Urifah, Urifah (2013) PENGGUNAAN STRIP COMIC SEBAGAI MEDIA DALAM PENGAJARAN MENULIS DI MTS. AT-TAQWA LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah penting. Wawancara dengan guru bahasa Inggris dan hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa menghadapi beberapa berbagai masalah secara tertulis tetapi dianggap menghasilkan dan mengorganisir ide-ide sebagai masalah yang paling sulit. Dengan demikian, penggunaan komik diusulkan untuk diterapkan di Inggris menulis teks mengajar untuk membantu siswa memecahkan masalah. Media ini berguna untuk membantu siswa membuat garis besar untuk membuat membuat lebih mudah bagi mereka untuk mengekspresikan apa yang mereka ingin menulis.
Penelitian ini adalah tentang penggunaan komik sebagai media dalam pengajaran menulis bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis di kalangan siswa kelas VIII MTs. At-Taqwa Lamongan yang diajarkan dengan menggunakan komik sebagai media dan mereka yang diajar dengan menggunakan lembar kerja (LKS) sebagai media.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental dengan dua kelompok, kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini melibatkan 64 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Komik menjabat sebagai variabel independen yang digunakan sebagai pengobatan untuk kelompok eksperimental. Pengobatan ini dilakukan dua kali. Data diperoleh dengan menghitung cara dua tes menulis esai dari kelompok eksperimen dan kontrol. Post test diberikan kepada kedua kelompok pada pertemuan terakhir. Hasil tes digunakan untuk menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan komik sebagai media dan orang-orang yang hanya diajarkan dengan menggunakan LKS sebagai media.
Analisis hasil tes dan nilai rata-rata menunjukkan bahwa pengajaran menulis menggunakan komik lebih efektif dalam membantu siswa dalam menghasilkan ide untuk mulai menulis daripada mengajar menulis dengan menggunakan LKS. The skor tes akhir kelompok eksperimen dan kontrol dibandingkan untuk mengetahui perbedaan dalam skor dari kedua kelompok. Pada kelompok eksperimen, skor rata-rata adalah 80,48 sedangkan kelas kontrol adalah 72.00.
Eksperimental ini mencapai lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Selain itu, verifikasi menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-score adalah 4,78 itu lebih tinggi dari t tabel 2.00. Berdasarkan hasil skor di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan komik sebagai media lebih efektif daripada menggunakan LKS dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa kelas delapan di MTs At-Taqwa Kalanganyar, Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Arief Furqon
Creators:
CreatorsEmailNIM
Urifah, UrifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Comic Strips; Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item