SAJAK DALAM SURAT AL MULK DAN SURAT AL MUDATSSIR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Farihatun (2013) SAJAK DALAM SURAT AL MULK DAN SURAT AL MUDATSSIR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Diantara keindahan susunan didalam Al Quran adalah Sajak yang terdapat di dalam Surat Al Mulk dan Surat Al Mudatssir.
Sajak merupakan pembahasan yang masuk dalam Ilmu Badi(Balaghoh) Sajak sendiri adalah persesuaian dua kalimat atau lebih yang mempunyai akhiran dengan huruf yang sama. Sajak itu dibagi menjadi dalam tiga macam yakni Sajak Muthorrof, Sajak Murosho dan Sajak Mutawazi.
Objek yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah surat Al Mulk dan Surat AlMudatssir. Surat AlMulk berisi tentang perintah Alloh untuk memperhatikan alam semesta untuk mempertebal keimanan kepada-Nya. Azab yang diancamkan kepada orang-orang kafir serta janji Allah kepada orang-orang yang beriman. Allah menjadikan bumi dengan sempurna sehingga mudah bagi manusia mecari rezeki di atasnya. Kemudian dalam surat Al Mudatssir dijelaskan bahwasannya Allah memerintahkan kita untuk mulai berdakwah mengagungkan Allah, membersihkan pakaian, menjauhi maksiat, memberikan sesuatu dengan ikhlas serta bersabar dalam menjalankan perintah serta menjauhi larangan Allah.
Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul Sajak dalam surat Al Mulk dan Surat Al Mudatssir Ini adalah 1) Apa yang dimaksud dengan sajak dan berapa macam-macam sajak, 2) dimana saja letak sajak dalam surat Al Mulk dan 3) Letak sajak dalam Surat Al Mudatssir.
Berkenaan dengan itu penulis mengadakan pendekatan dari sudut pandangan ilmu balaghoh. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Adapun metode kualitatif adalah suatu metode yang pengumpulan data tanpa disertai dengan observasi lapangan.
Tujuan Skripsi ini adalah membahas secara praktis sajak dalam surat Al Mulk dan Surat Al Mudatssir dimana setelah dianalisis terdapat 20 tempat tentang sajak. Dengan adanya teori sajak dalam kalimat Al Quran khususnya dalam surat Al Mulk dan Surat Al Mudatssir dapat ditemukan keindahan yang terungkap dari susunan Al Quran tersebut. Sehingga para pembaca dan pengkaji Al Quran (Jika biasa mengkaji dan memahaminya)akan lebih semangat untuk terus mendalami makna-makna dan keindahan Al Quran.
Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah Sajak adalah penyesuaian satu huruf pada dua fashilah atau kata akhir, macam-macam sajak banyak diantaranya
-Sajak Muthorof, Sajak Murosho, Sajak Mutawazi
-Syarat keindahan sajak diantaranya adalah memilih kosakata dalam satu kalimat yang benar, dan memilih susunan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Faizur Rosyad, MA.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, FarihatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Sajak, surat Al Mulk, Surat Al Mudatssir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 31 Mar 2015 09:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11355

Actions (login required)

View Item View Item