INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD IT NURUL FITRI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakhtiar, Bakhtiar (2014) INTEGRASI NILAI-NILAI TAUHID DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD IT NURUL FITRI SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Adanya dikotomi ilmu ini ternyata mempunyai efek yang kurang baik terhadap lembaga pendidikan sebagai tempat dalam memproduksi ilmu. Karena dalam perjalanannya ilmu-ilmu tersebut berekembang sendiri-sendiri dan mempunyai tempat tertentu yang tidak saling berkait. Ilmu yang satu mengarah pada pengenalan Tuhan sementara yang lain tidak, demikianlah anggapan para penuntut ilmu pengetahuan. Ilmu umum yang dianggap modern di kembangkan oleh lembaga pendidikan umum, sementara ilmu ke-Tuhan-an atau agama dianggap tradisional. Pola pendidikan yang seperti inilah yang selalu memproduksi manusia-manusia yang mempunyai kepribadian pincang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1). Bagaimana model pembelajaran IPA di SDIT Nurul Fikri. (2). Bagaimana metode integrasi nilai-nilai tauhid dan IPA di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo. (3). Apa saja problematika yang dihadapi dalam integrasi nilai-nilai tauhid dan IPA di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo. (4). Bagaimana solusi terhadap problematika integrasi nilai-nilai tauhid dan IPA di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member chek. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru bidang studi IPA.
Dalam pengintegrasian nilai-nilai tauhid dengan IPA di SDIT Nurul Fikri Sidoarjo yaitu guru mengaitkan kisah-kisah atau hukum tertentu dengan aya-ayat yang berkait dengan materi pengajaran kemudian dikerucutkan menjadi sebuah pemahaman terhadap kekuasaan dan ke-Esa-an Allah. Inil yang kemudian menjadi inti pokok dari dari penginterasian tersebut selain materi pembelajaran itu sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakikat pengintegrasian antara nilai-nilai tauhid dan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Nurul Fikri Sidoarjo adalah menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak usia dini karena dianggap belum terpengaruh oleh lingkungan, dan sangat mudah menerima arahan dari guru dan orang tuanya.
Dari penelitian tentang Integrasi Nilai-nilai Tauhid dengan pelajaran IPA di sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Sidaorjo, peneliti memasukkan nilai-nilai pada seluruh kegiatan siswa baik disekolah maupun di rumah, dan sebagai kontrol digunakan buku penghubung sebagai saran untuk mengetahui aktifitas positif yang senantiasa dilakukan oleh siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Masdar Hilmy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakhtiar, BakhtiarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai Tauhid; Ilmu Pengetahuan Alam; SD IT.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2015 03:42
Last Modified: 26 Feb 2015 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item