Genealogi Pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia tahun 1934-1940

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswatun, Niswatun (2016) Genealogi Pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia tahun 1934-1940. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Geneologi Pemikiran Soekarno Tentang Islam di Indonesia Tahun 1934-1940” adapun fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana biografi Soekarno? (2) Bagaimana genologi pemikiran soekarno tentang Islam di Indonesia tahun 1934-1940? (3) Bagaimana dialog Soekarno dengan tokoh-tokoh Islam di Indonesia mengenai pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia tahun 1934-1940?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yakni, pertama heuristik yaitu sebuah tehnik pengumpulan data, data yang didapat yaitu beberapa karya Soekarno yang meliputi buku Di Bawah Bendera Revolusi, Sarinah, Indonesia Menggugat, Islam Sontoloyo, dan Sebuah buku autobiografi Soekarno karya Cindy Adams yang berjudul Soekarno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Kedua kritik sumber yakni membandingkan berbagai sumber-sumber primer yang didapat dengan sumber-sumber sekunder yang sudah diperoleh. Ketiga interpretasi yakni penulis menafsirkan dari hasil-hasil sumber primer dengan sumber sekunder yang diperoleh. Keempat historiografi yakni penulis menyusun laporan dari ketiga langkah diatas sehingga menjadi skripsi ini. Kemudian, pendekatan dan kerangka teori yang digunakan untuk menganalisa yaitu teori sosiologi pengetahuan dengan teori deteminasi sosial pengetahuan yang dipelopori oleh Karl Mannheim. Teori sosiologi pengetahuan merupakan sebuah teori yang berusaha untuk mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi pemikiran seseorang.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Soekarno lahir di Surabaya Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Ayahnya bernama Sukemi Sosrodirharjo, sedang ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Kemudian pendidikan formal yang ditempuh oleh Soekarno yaitu Sekolah dasar bumi putera atau Eerste Inlandse School di Mojokerto. Tahun 1911, Soekarno dipindahkan ke Sekolah Dasar Belanda (Eoropees Logere School). Setelah tamat dari sana, Soekarno melanjutkan sekolahnya ke Hogere Burger School (HBS) di Surabaya. Setelah lulus dari HBS tahun 1921, Soekarno melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Tehnik atau Tesnische Hogere School (THS) dengan mengambil Jurusan Tehnik Sipil di Bandung. (2) genealogi pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia terdiri dari keluarga yang sangat demokratis, pendidikan yang diperoleh dari pendidikan formal, guru: KH. Ahmad Dahlan, HOS Tjokroaminoto dan Ahmad Hassan. Di samping itu pula ada buku-buku tentang islam yang berpengaruh dalam pemikiran Soekarno seperti Turkey Face West: A Turkish View of Recent Changes and Their Origin karya Halide Edibe Hanoum, Spirit of Islam karya Syed Ameer Ali, The Secret of Existence or The Gospel Action / rahasia Hidup atau Kabar Baik Tentang Perbuatan karya Khwaja Kamaluddin. (3) pemikiran Soekarno tentang “sekularisme” atau pemisahan antara agama dan negara ini mendapatkan respon dari tokoh-tokoh agama di Indonesia. Sehingga terjadilah dialog seperti dialog Soekarno dan Ahmad Hassan serta Soekarno dan Mohammad Natsir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswatun, Niswatunniswatun0505@gmail.comA5.22.12.122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Soekarno
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Niswatun Niswatun
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:51
Last Modified: 09 Jan 2020 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item