Penggunaan Strategi Question Student Have dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha Kelas V SDN II Bubulan Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Lina (2016) Penggunaan Strategi Question Student Have dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha Kelas V SDN II Bubulan Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa rumusan masalah antara lain: Bagaimana penggunaan strategi Question Student Have mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha kelas V SD Negeri II Bubulan Bojonegoro? Serta Bagaimana peningkatan motivasi belajar dengan strategi Question Student Have mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha kelas V SD Negeri II Bubulan Bojonegoro? Berawal dari masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui penggunaan strategi Question Student Have mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha kelas V SD Negeri II Bubulan Bojonegoro dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan strategi Question Student Have mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha kelas V SD Negeri II Bubulan Bojonegoro. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang menyatakan dalam satu siklus terdapat empat langkah pokok, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan tehnik pengimpulan data yaitu angket, wawancara, observasi aktifitas guru dan siswa. Data yang dianalisis adalah data yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa. Penerapan strategi Question Student Havepada siklus I dalam mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha pada siswa kelas V SDN II Bubulan Bojonegoro dilaksanakan dengan baik , hanya saja beberapa siswa masih ada yang kurang aktif dalam pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan karena pembelajaran dilakukan dengan pemberian ice breaking, pemberian question card dan flash card pada strategi Question Student Have.
Dari perhitungan dengan menggunakan teknik ini diperoleh hasil yaitu penggunaan strategi Question Student Haveuntuk meningkatkan motivasi belajar berjalan dengan baik. dapat dilihat pada peningkatan aktifitas guru pada siklus I sebesar 75 menjadi 90 pada siklus II dan aktifitas siswa pada siklus I sebesar 67 naik menjadi 88,33.Terjadi peningkatan motivasi belajar dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. adapun pada pra siklus motivasi belajar siswa sebesar 17,64 %. Kemudianpada siklus I meningkat menjadi 70,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, Linalinalinutimut@gmail.comD57212079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlirUNSPECIFIED2022076802
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Motivasi Belajar; IPS; Peninggalan Sejarah Hindu-Budha; Strategi Question Student Have
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Purnamasari Lina
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:17
Last Modified: 19 Feb 2020 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item