Tinjauan hukum Islam terhadap perlombaan burung berkicau berhadiah di Gantangan New Permata BC Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadliroh, Ainun (2016) Tinjauan hukum Islam terhadap perlombaan burung berkicau berhadiah di Gantangan New Permata BC Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Gantangan New Permata BC Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dengan judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Perlombaan Burung Berkicau Berhadiah di Gantangan New Permata BC Tanggulangin Sidoarjo”. Skripsi ini mengulas permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana praktik praktik perlombaan burung berkicau berhadiah di Gantangan New Permata BC Tanggulangin, Sidoarjo? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perlombaan burung berkicau berhadiah di Gantangan New Permata BC Tanggulangin, Sidoarjo? Dalam menyelesaikan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan tahapan-tahapan editing, organizing, kemudian analizing. Data dianalisis menggunakan metode dekriptif analisis dengan pola pikir induktif karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perlombaan burung berkicau di Gantangan New Permata BC dan kemudian menganalisisnya dengan hukum Islam. Hasil penelitian lapangan dalam perlombaan burung berkicau di Gantangan New Permata BC ini menunjukkan bahwa perlombaan tersebut merupakan adu kualitas kicauan atau nyanyian burung berkicau. Peserta yang mengikuti perlombaan diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan cara membeli tiket pendaftaran. Pembelian tiket ini pada dasarnya adalah penarikan dana partisipasi peserta yang dialokasikan 50% untuk hadiah uang tunai dan sisanya untuk biaya perawatan gantangan serta honor panita. Adapun jika ditinjau dengan hukum Islam berdasarkan analisis penulis, pelaksanaan perlombaan burung berkicau yang diselenggarakan oleh Gantangan New Permata BC Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo tidak bertentangan dengan hukum Islam. Seluruh hadiah yang diberikan kepada peserta tidak mengandung unsur maysir. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pengelola Gantangan New Permata BC Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo hendaknya tidak hanya menggunakan uang pribadi dan uang peserta sebagai hadiah, tetapi juga menerima sponsor dari perusahaan-perusahaan lain agar perlombaan ini lebih diminati oleh masyarakat dan burung berkicau lebih terawat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadliroh, Ainunainunnadliroh.an@gmail.comC52212096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Judi, Perjudian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadliroh Ainun
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:10
Last Modified: 19 Dec 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item