This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizqiyah, Kholifatur (2016) HIDAYATULLAH.COM SEBAGAI MEDIA DAKWAH MANDIRI (STRATEGI MANAJEMEN REDAKSI DALAM PELAKSANAAN DAKWAH DAN DAYA TARIK UMAT MELALUI PORTAL BERITA ONLINE). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan semakin canggih dan modernnya berbagai macam teknologi informasi, penggunaan internet pun semakin marak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Keberadaan internet memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, selain memberikan informasi dengan ringkas dan cepat media online juga difungsikan sebagai lahan untuk berdakwah melalui tulisan. Berdasarkan konteks diatas, maka peneliti mengangkat permasalahn mengenai Strategi Manajemen Redaksi Hidayatullah.com sebagai Media Dakwah dan Daya Tarik Umat melalui Situs Berita Online. Bagaimana strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam menentukan topik pemberitaan? Bagaimana strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam pelaksanaan dakwah? Bagaimana strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam membangun daya tarik umat ?. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus adalah menggali lebih dalam proses fenomena yang sedang terjadi. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif. Adapun untuk menganalisis data hasil studi kasus digunakan teori analisis data Miles dan Huberman, Teori tersebut menjelaskan bahwa dalam menganalisis data digunakan tiga tahapan, yakni data reduction, data display, dan conclusion. Setelah dilakukan penelitian berikut hasilnya : (1) Strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam penentuan topik pemberitaan adalah dengan menghimpun berita dari wartawan yang tersebar baik dalam negeri maupun luar negeri. selain itu perhatian pembaca yang terkumpul dalam kolom Berita dari Anda juga tidak luput dari perhatian. (2) Strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam pelaksanaan dakwah adalah dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai landasan hukum, selain itu menjaga fikrah (kemurnian pikiran) jajaran pimpinan dan staff redaksional agar tidak partisipan dan hanya memihak salah satu madzhab dalam islam, menyajikan konten yang menarik untuk pembaca berupa penyajian berbagai artikel menarik yang sangat dibutuhkan masyarakat. (3) Strategi manajemen redaksi Hidayatullah.com dalam membangun daya tarik umat adalah dengan agar pembaca lebih fokus dengan berita-berita pilihan dan berita utama, maka sajian berita harus dilengkapi dengan foto-foto, gambar ilustrasi dan info grafis yang baik agar pembaca lebih mendapat gambaran yang lebih jelas dari berita yang telah ditulis, memanfaatkan keberadaan sosial media sebagai media pendukung dan promosi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Komunikasi Islam | ||||||
Keywords: | strategi; manajemen; redaksi; media dakwah; dan berita Online | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||
Depositing User: | Rizqiyah Kholifatur | ||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2016 05:01 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11921 |
Actions (login required)
View Item |