ANALISIS PENGGAJIAN DI PABRIK PUPUK PETROGANIK PT. NITO NUR UTAMA TANGGULANGIN SIDOARJO DALAM PERSPEKTIF PRINSIP EKONOMI ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudha, Manida Niti Purba (2016) ANALISIS PENGGAJIAN DI PABRIK PUPUK PETROGANIK PT. NITO NUR UTAMA TANGGULANGIN SIDOARJO DALAM PERSPEKTIF PRINSIP EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penggajian Di Pabrik Pupuk Petroganik PT. Nito Nur Utama Tanggulangin Sidoarjo Dalam Perspektif Prinsip Ekonomi Islam” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang memiliki tujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana manajemen Produksi dalam penggajian yang ada di pabrik pupuk petroganik PT. Nito Nur Utama Tanggulangin Sidoarjo dan bagaimana implementasi prinsip-prinsip syariah dalam pembayaran gaji karyawan pabrik pupuk petroganik PT. Nito Nur Utama Tanggulangin Sidoarjo tersebut. Data penelitian dihimpun dari dokumen yang berupa data Pabrik Pupuk Petroganik PT. Nito Nur Utama Tanggulangin Sidoarjo dan wawancara secara langsung dengan pihak manajemen pabrik, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang telah dianalisis dengan metode deskriptif kulitatif kemudian dikelola dengan cara editing, lalu diklasifikasikan sehigga menghasilkan kesimpulan yang tepat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pabrik pupuk petroganik dilihat dari prinsip ekonomi Islam dalam menejemen penggajian yang telah diterapkan pabrik terhadap para pekerjanya yaitu manajemen penggajian karyawan pabrik pupuk petroganik PT. Nito Nur Utama Tanggulangin Sidoarjo ini adalah menjadikan para pekerja partner atau saudara bukan seperti majikan dengan budaknya, pabrik ini menghargai penuh para pekerja dengan memberikan bonus dan insentif walaupun tidak rutin setiap bulannya, dalam sistem penggajian pabrik pupuk petroganik ini memberikan gaji secara penuh sesuai hasil kerja para pekerja dan sesuai target produksi hal ini sesuai dengan ajaran Islam tidak berbuat curang, jujur serta berlaku adil, kesesuaian kontrak yang telah disepakati para pekerja dengan pihak pabrik pupuk petroganik, kesesuaian kontrak yang ditawarkan pabrik. Kesesuaian ini didukung dengan kondusifnya para pekerja dengan pabrik. Namun disisi lain jika merujuk kepada Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja No. SE-07/MEN/1990 tentang Pengelompokan Upah, meskipun memberikan gaji dengan semaksimal mungkin, memberikan fasilitas asrama, memberikan beberapa tunjangan namun dari beberapa aspek seperti tunjangan uang makan, jaminan kesehatan para pekerja borongan kurang diperhatikan dengan serius sehingga membuat para pekerjanya tidak banyak yang ingin bekerja menetap di sana, masih banyak para pekerja yang keluar masuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudha, Manida Niti Purbamanidanitipy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Penggajian; Prinsip Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yudha Manida
Date Deposited: 24 Aug 2016 07:08
Last Modified: 24 Aug 2016 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item