Pengembangan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Ahmad Choirul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika siswa, khususnya siswa MTs Negeri Sidorejo Banyuwangi masih banyak memiliki kelemahan dan perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya pelaksanaan proses pembelajaran sehingga membutuhkan model pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu dengan pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: penentuan (Define), pengembangan (Develop), dan penilaian (Evaluate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, Kisi-kisi Soal, dan Soal Tes. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas VIIIA MTS Negeri Sidorejo Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah validasi, observasi, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,94 termasuk valid; kevalidan LKS sebesar 4,02 termasuk sangat valid; kevalidan Kisi-kisi Soal sebesar 4,04 termasuk sangat valid; kevalidan Soal Tes sebesar 4,12 termasuk sangat valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif karena persentase aktivitas siswa yang aktif sebesar 97,1%; keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 96% pada pertemuan pertama dan 92% pada pertemuan kedua; persentase respons positif siswa sebesar 86,95%; dan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,67%. Pengembangan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Ahmad Choirulahmadchoirul94@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDPrasetyo Kurniawan, Agussugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; matematika; model; probing-prompting; etnomatematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anam Ahmad Choirul
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:04
Last Modified: 11 Nov 2019 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item