MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI ALAT PERAGA TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV MI. BANI HASYIM LENGKONG CERME GRESIK, PTK 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoniah, Siti (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI ALAT PERAGA TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV MI. BANI HASYIM LENGKONG CERME GRESIK, PTK 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena dengan berkembangnya kebudayaan yang meliputi teknologi, perkembangan jumlah anak yang memerlukan pendidikan disertai dengan keinginan manusia untuk serba cepat dalam segala hal membawa pengaruh pula atas tugas dan peranan guru.
Oleh karena itu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran IPA.
Dari tujuan mata pelajaran IPA tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep ilmu IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi di lingkungan sekitarnya.
Berdasarkan uraian di atas, tentunya permasalahan yang dibahas dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep ilmu IPA. Adapun rumusam permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui alat peraga dapat merespon dan meningkatkan prestasi belajar IPA pada materi Tumbuhan di lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini jenis penelitian kualitatif. Penelitan ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus terdiri atas empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diambil dari siswa kelas IV MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik melalui pengamatan langsung ( jawaban dari pertanyaan yang terkait dengan materi. Setelah terkumpul kemudian data dianalisis, didiskripsikan dan disimpulkan.
Hasil penalitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran IPA melalui alat peraga Tumbuhan di lingkungan sekitar dapat merespon dan meningkatkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang tinggi dan memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil jawaban dari perolehan nilai siswa dari siklus ke-1 sampai siklus ke 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoniah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi Belajar; IPA; Bagian-Bagian Tumbuhan; Alat Peraga; Lingkungan Sekitar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2015 02:56
Last Modified: 02 Mar 2015 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item