Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli pre order online di toko online comfortable clothing Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Qurrotul (2016) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli pre order online di toko online comfortable clothing Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Pre Order Online di toko Online Comfortable Clothing Sidoarjo” ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana Praktik Jual Beli Pre Order Online di toko Online Comfortable Clothing Sidoarjo. 2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktik Jual Beli Pre Order Online di toko Online Comfortable Clothing Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti mengumpulkan data melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara (Interview), Dokumentasi dan Observasi. Selanjutnya pengelolaan data menggunakan teknik Editing, Organizing dan Analising. Dan kemudian analisis data menggunakan metode deskriptif dan pendekatan deduktif. Berdasarkan temuan penelitian dalam lingkup masyarakat konveksi dan para pelanggan toko, memang praktik biaya tambahan ini sering dilakukan oleh toko Comfortable Clothing karena seringkali waktu pembuatan pesanan lebih cepat daripada yang dijanjikan. Menurut analisis hukum Islam, praktek biaya tambahan dalam jual beli yang seperti ini dianggap tidak sah karena terjadi keputusan sepihak di luar akad pertama dan tidak ada kesepakatan di antara keduanya mengenai biaya tambahan tersebut yang mengakibatkan tidak ada Ridha di salah satu pihak yaitu pembeli, padahal dalam prinsip jual beli termasuk jual beli salam sangatlah penting prinsip Anta Radhin diantara kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Agar jual beli tersebut menjadi berkah dan tidak merugikan salah satu pihak. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada penjual dan pembeli agar melaksanakan transaksi jual beli sesuai dengan ketentuan jual beli dalam Islam. Sayogyanya lebih berhati- hati dalam melakukan transaksi jual beli agar terhindar dari melakukan transaksi jual beli yang dilarang dalam Islam. Dalam praktek jual beli yang seperti ini, sebaiknya dijelaskan terlebih dahulu oleh penjual sesuatu yang mungkin terjadi di pertengahan proses pembuatan pesanan di dalam perjanjian atau akad awal seperti terjadinya biaya tambahan ini karena pembuatan lebih cepat daripada yang di janjikan, sehingga pembeli akan siap dan tidak secara terpaksa membayar biaya tambahan tersebut karena sudah ada dalam perjanjian awal dan sama- sama mereka sepakati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, QurrotulQurrotulainiyah99@gmail.comC52212111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmad, Ahmad Khubby Aligoesbobby@gmail.com2020097801
Subjects: Jual Beli
Keywords: Juasl Beli Pre Order Online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ainiyah Qurrotul
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:22
Last Modified: 28 Feb 2020 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12418

Actions (login required)

View Item View Item