This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulum, Moh. Bahrul (2016) PERAN K.H. MAKINUN AMIN MUHAMMAD DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HISAN SIDAYU GRESIK TAHUN 1990-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Peran K.H. Makinun Amin Muhammad Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik Tahun 1990-2015. Adapun masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana biografi K.H. Makinun Amin Muhammad? (2) Bagaimana perkembangan pondok pesantren Mamba’ul Hisan pada tahun 1990-2015? (3) Bagaimana peran K.H. Makinun Amin Muhammad dalam pengembangan pondok pesantren Mamba’ul Hisan?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) heuristik adalah pengumpulan data yang terdiri dari sumber benda maupun lisan serta sumber buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. (2) kritik. (3) interpretasi. (4) historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis yang mendiskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori peran, yang dibawakan oleh K.H. Makinun Amin Muhammad seorang pelaku dalam panggung sandiwara dan teori continuty and change yang dinyatakan oleh Zamakhsyari Dhofier. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) KH.Makinun Amin Muhammad lahir di Gresik pada tanggal 10 Agustus 1952. (2) perkembangan pondok pesantren Mamba’ul Hisan dapat dilihat dari segi pendidikan yang dulunya hanya pendidikan Al-Qur’an dan kitab-kitab klasik kini berkembang dengan adanya pendidikan formal, selain itu, dari segi sarana dan prasarana pondok pesantren Mamba’ul Hisan terus melalukan pembangunan, baik fasilitas gedung sekolah dan asrama bagi para santri. (3) peran KH. Makinun Amin Muhammad adalah di bidang pendidikan non formal, formal dan pendidikan Al-Qur’an. Dalam bidang sosial beliau juga sangat akrab dengan masyarakat sekitar, dikalangan masyarakat beliau dikenal dengan seorang yang alim dan taat pada agama serta baik dalam berakhlak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pesantren | ||||||
Keywords: | KH. Makinun Amin; Pondok Pesantren; Mamba'ul Hisyan | ||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam | ||||||
Depositing User: | Ulum Moh. Bahrul | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12539 |
Actions (login required)
View Item |