Pendidikan Multikultural Di SDN 1 Balun Lamongan dalam perspektif Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bastomi, Hasan (2016) Pendidikan Multikultural Di SDN 1 Balun Lamongan dalam perspektif Agama Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

SDN 1 Balun Lamongan adalah salah satu lembaga yang menekankan pendidikan multikultural kepada siswanya/ sekolah tersebut berada di desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, lingkungan di sekitar sekolah adalah masyarakat dengan kultur berbagai agama, ada tiga agama yang dianut yakni islam, hindu dan kristen Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran pendidikan multikultural di SDN 1 Balun Lamongan di pandang dalam praspektif agama islam Masalah yang diteliti dalam skripsi ini, Bagaimana penerapan pendidikan multikultural di SDN 1 Balun Lamongan?, Bagaimana proses pendidikan multikultural di SDN 1 Balun Lamongan di pandang dalam praspektif agama islam? Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan doumentasi. Selanjutnya dalam teknis analisis data yang telah diperoleh, penulis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran pendidikan Multikultural yang ada di SDN 1 Balun Lamongan menggunakan pelajaran-pelajaran yang bersifat umum seperti PPKN, IPA, IPS sebagai media dalam pembelajarannya, lingkungan sekolah juga berperan penting dalam penanaman nilai-nilai kerukukunan antar umat beragama. 2) didalam agama islam pembelajaran pendidikan multikultural di bolehkan asalkan tidak dalam toleransi yang berarti mendukung keyakinan pemeluk agama lain dengan mengorbankan keimanan islam (aqidah). 3) jika dipandang dari agama islam pendidikan multikultural yang ada di SDN 1 Balun Lamongan tidak melenceng dari norma-norma yang ada dalam agama islam dikarenakan tidak ada bagian dari proses pembelajaran tersebut yang dapat merubah keimanan islam (aqidah) siswa-siswinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bastomi, Hasanhasan.tomi85@gmail.comD01212017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pendidikan Multikultural; proses belajar mengajar; manajemen pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: BASTOMI HASAN
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:50
Last Modified: 07 Nov 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item