Peran Mediator dalam Menyelesaikan Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Sidoarjo Perspektif Bimbingan Konseling Keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamindiah, Izza Riyatna (2016) Peran Mediator dalam Menyelesaikan Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Sidoarjo Perspektif Bimbingan Konseling Keluarga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kegelisahan peneliti tentang perceraian yang terjadi dalam rumah tangga yang sudah terdaftar di Pengadilan Agama Sidoarjo. Kegelisahan ini kemudian dikemas dengan focus masalah “. Bagaimana Proses Pelaksanaan Bimbingan Konseling Keluarga (Mediasi) dalam Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Sidoarjo. Bagaimana Hasil Bimbingan Konseling Keluarga (Mediasi) dalam Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Sidoarjo. Bagaimana Keterkaitan Proses Mediasi dengan Teori-Teori Bimbingan Konseling Keluarga.”. Permasalahan ini tentu membutuhkan jawaban agar lebih jelas dan mudah dipahami. Pelaksanaan proses Bimbingan Konseling Keluarga (Mediasi) dalam perkara perceraian terhadap klien perlu disikapi dan diteliti secara ilmiah melalui penelitian kualitatif untuk mendapatkan jawaban yang tepat serta dapat dipertanggung jawabkan secara akademis. Jawaban yang solutif dapat diperoleh melalui kelengkapan data. Data deskriptif baik dari hasil pengamatan muapun sumber-sumber lain dianalisis dengan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif karena peneliti ingin menggali secara luas tentang proses Bimbingan Konseling Keluarga pada perkara perceraian di pengadilan agama dan keterkaitannya dengan teori-teori konseling keluarga. Temuan dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Keluarga (Mediasi) yang diterapkan pada klien yang mendaftarkan gugatan cerai di Pengadilan Agama Sidoarjo. Sebelum hakim memutuskan dalam persidangan, Bimbingan Konseling Keluarga (Mediasi) mempunyai keterkaitan dengan teori beberapa tokoh, teori client centered ternyata lebih dominan karena berfocus pada klien bahwa keputusan, tindakan dan kesanggupan untuk memecahkan masalah sendiri. Karena Mediator hanya sebagai perantara agar keputusan akhir berjalan damai dan memuaskan kedua belah pihak yang bersangkutan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada semua pihak khususnya pengadilan agama sidoarjo agar lebih memaksimalkan proses bimbingan konseling keluarga (Mediasi) dengan mempunyai Mediator yang berkompeten dalam bidangnya mengingat Bimbingan Konseling Keluarga yang ada di Pengadilan Agama belum sepenuhnya maksimal. Para klien juga perlu dan wajib mengikuti proses Mediasi agar hasil akhir atau keputusan yang diambil berjalan damai dan memuaskan para kedua pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamindiah, Izza Riyatnaizzariyatna22@gmail.comB03212011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIED2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan
Cerai Gugat
Keluarga
Keywords: Bimbingan Konseling Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: hamindiah izza riyatna
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:48
Last Modified: 13 Nov 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item