Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elanda, Eca Ocvafebrina (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototipe dan fase penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 35 siswa kelas VIIB SMP Kyai Hasyim Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, angket dan tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,57 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 3,48 dalam artian valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan prosentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada prosentase yang tidak mendukung pembelajaran; keterlaksanaan sintaks sebesar 94% pada pertemuan pertama dan 97% pada pertemuan kedua; kemampuan guru menerapkan pembelajaran sebesar 3,80 yang berarti sangat baik; respon positif siswa sebesar 89,92%; dan hasil tes literasi finansial menunjukkan 5,71% siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “tinggi”, 74,29% menunjukkan siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “sedang” dan 20,00% menunjukkan siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “rendah”. Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya dapat digunakan untuk melatihkan literasi finansial siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elanda, Eca Ocvafebrinazicha.mf@gmail.comD34212055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Literasi Finansial; Aritmatika Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hariyanti Ayuk
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:54
Last Modified: 12 Nov 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

View Item View Item