PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TANJUNGAN DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudarminingsih, Sudarminingsih (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TANJUNGAN DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Pada kondisi awal pembelajaran matematika di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjungan tahun ajaran 2014/2015 diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal itu dapat dilihat dari analisis hasil evaluasi sehingga penulis terdorong untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus masalah ini dapat dirumuskan dengan pertanyaan apakah hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika kelas V semester 1 tahun ajaran 2014-2015 pada MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjungan Driyorejo Gresik dapat ditingkatkan melalui penggunaan model STAD. Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model STAD Hipotesis penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan bilangan pecahan di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjungan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, kelas V semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prosentase hasil belajar dalam pembelajaran meningkat.
Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil evaluasi rata-rata kelas 55,2, pada pra siklus menjadi 63,6 pada siklus I dan 74,4 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal dari 40% pada pra siklus menjadi 68% pada siklus I dan 96% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD di MI Tanjungan kelas V dapat ditingkatkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan kelas V semester 1 tahun ajaran 2014/2015.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hisbullah Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudarminingsih, SudarminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi Belajar; Matematika; Penjumlahan Pecahan; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:29
Last Modified: 04 Mar 2015 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item