PROBLEMATIKA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SDN KEBRAON I/436 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniasari, Vella (2014) PROBLEMATIKA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SDN KEBRAON I/436 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dan problematika apa saja yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SDN Kebraon I/436 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. Tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis faktual dan akurat tentang fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang tidak mengadakan perhitungan data secara kuantitatif, melainkan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dan problematika guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Pengumpulan data yang dipakai adalah menggunakan metode wawancara (interview) dan metode observasi yang digunakan untuk memperoleh informasi yang lengkap mengenai problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SDN Kebraon 1/436 Surabaya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa implementasi kurikulum 2013 di SDN Kebraon I/436 Surabaya belum berjalan maksimal. Hal ini didasarkan pada upaya yang dilakukan oleh SDN Kebraon I/436 masih belum menyeluruh dalam menerapkan konsep kurikulum 2013. Sedangkan problematika yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di antaranya yaitu karena kurangnya pemahaman guru tentang Kurikulum 2013, guru belum mempunyai persiapan yang cukup matang untuk melaksanakan penerapan Kurikulum 2013 sehingga penerapannya di sekolah berjalan hanya menurut pemahaman dan penafsiran mereka saja. Kemudian keterlambatan pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi guru terkait Kurikulum 2013 serta keadaan sarana dan prasarana di sekolah yang belum memadai untuk menunjang proses pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Kebraon I/436 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniasari, VellaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Implementasi Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2015 04:23
Last Modified: 04 Mar 2015 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item