Peranan K.H. Mahfudz Ma’shum dalam Perkembangan Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukunanyar Dukun Gresik (1991-2012 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dusturiyah, Mega (2016) Peranan K.H. Mahfudz Ma’shum dalam Perkembangan Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukunanyar Dukun Gresik (1991-2012 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan K.H. Mahfudz Ma’shum Dalam Perkembangan Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukunanyar Dukun Gresik (1991-2012)”. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Profil K.H. Mahfudz Ma’shum?, (2)Bagaimana Bentuk Perkembangan Pondok Pesantren Ihyaul Ulum dibawah Kepemimpinan K.H. Mahfudz Ma’shum?, (3) Bagaimana Peranan K.H. Mahfudz Ma’shum dalam Perkembangan Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukunanyar Dukun Gresik?.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sosiologi. Metode sejarah ini digunakan untuk mengetahui atau mendiskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Pendekatan sosiologi dimaksudkan untuk menjelaskan peranan sosial dari kiai yang mempengaruhi perkembangan pesantren dan dilingkungan kehidupam masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan 3 teori dari pendapat yang berbeda,gunanya sebagai alat bantu untuk menganalisis gejala-gejala tentang peristiwa masa lampau, yaitu: teori peranan dan teori perubahan sosial (Prof. Dr. Soerjono Soekanto) dan juga teori kepemimpinan (Max Weber).Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) K.H. Mahfudz Ma’shum lahir pada 6 Mei 1942 di Desa Dukunanyar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. K.H. Mahfudz Ma’shum putra ketiga dari K.H. Ma’shum Sufyan dan Nyai Hj. Masyrifah dan beliau memiliki garis keturunan dari Joko Tingkir, (2) Pondok Pesantren Ihyaul Ulum berdiri pada tahun 1951 M dan didirikan oleh K.H. Ma’shum Sufyan. Berdirinya pondok ini dilatarbelakangi oleh dorongan masyarakat sekitar yang ingin belajar agama Islam. Setelah K.H. Ma’shum meninggal pada tahun 1991, maka kepemimpinan beralih ke K.H. Mahfudz Ma’shum atas penunjukan langsung dari K.H. Ma’shum Sufyan, tetapi juga dilakukan melalui musyawarah keluarga. Pada kepemimpinan K.H. Mahfudz Ma’shum Pondok Pesantren Ihyaul Ulum mengalami banyak perkembangan, diantaranya; menambah bangunan pondok putra dan putri yang sebelumnya hanya 2 gedung, kini menjadi 4 gedung, mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ihyaul Ulum pada tahun 1998 M, dan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2012, (3) Peranan K.H. Mahfudz Ma’shum di dalam Pondok Pesantren Ihyaul Ulum antara lain; sebagai pengumpul dana, sebagai manager sumber daya manusia, dan sebagai inisiator pendirian STAI dan SMK Ihyaul Ulum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dusturiyah, Megadusturiyahmega@gmail,comA82212149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhdi, Aliam_unair@yahoo.co.id, muhdi@uinsby.ac.id, aliuinsabaya@gmail.com2026067203
Subjects: Agama
Pesantren
Keywords: Peranan Kyai Haji; Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dusturiyah Mega
Date Deposited: 26 Aug 2016 06:26
Last Modified: 12 Nov 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item