PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT ID MELALUI METODE WORD SQUARE SISWA KELAS 4B MI AL ASYHAR GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridlo, Meilani Aisyatur (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT ID MELALUI METODE WORD SQUARE SISWA KELAS 4B MI AL ASYHAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu bagian mata pelajaran PAI yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, serta penggunaan pengalaman. Untuk itu siswa harus benar-benar bisa memahami materi yan telah diajarkan. Akan tetapi hasil wawancara peneliti dengan guru fiqih di kelas 4B MI Al-Asyhar Gresik menunjukkan bahwa dari 20 siswa, hanya 25% siswa yang memahami materi, dan selebihnya belum memahami materi tersebut. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan variasi metode kepada siswa. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan pengajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Word Square. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Word Square dalam meningkatan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi Sholat Id siswa kelas 4B MI Al-Asyhar Gresik, 2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi Sholat Id setelah diterapkan metode Word Square siswa kelas 4B MI Al-Asyhar Gresik. Peningkatan pemahaman siswa dalam PTK ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian dari teory Kurt Lewin, yang mana dalam satu siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4B MI Al-Asyhar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Word Squre dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Id dari siklus I ke siklus berikutnya berjalan sangat baik dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru membagikan lembaran kegiatan sesuai arahan yang ada, siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban secara vertical, horizontal maupun diagonal, guru memberikan poin setiap jawaban dalam kotak. Dalam penerapan metode Word Square diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 84,5% meningkat menjadi 92,4% pada siklus II dan dari hasil aktivitas siswa pada siklus I 79,1% meningkat menjadi 90,1% pada siklus II, dan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Id dari siklus I 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridlo, Meilani Aisyaturmelanyaisyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pemahaman Siswa; Fiqih; Metode Word Square
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meilani Aisyatur Ridlo
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:56
Last Modified: 27 Jan 2017 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item