Implementasi manajemen pengelolaan dana sosial pada Yayasan Al-Jihad Surabaya : studi kasus pada desa Yayasan Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Rohmah, Baitul Arofatin (2016) Implementasi manajemen pengelolaan dana sosial pada Yayasan Al-Jihad Surabaya : studi kasus pada desa Yayasan Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul “Implementasi Manajemen Pengelolaan Dana Sosial Pada Yayasan Al-Jihad Surabaya (Studi Kasus Pada DASA Yayasan Al-Jihad Surabaya) ”. Adapun peelitian ini bertujuan utuk menjawab permasalahan tentang; 1) Bagaimana Penghimpunan, Pengelolaan serta Pendistribusian Dana Sosial pada Yayasan Al-Jihad Surabaya, 2) Bagaimana Analisis Penghimpunan, Pengelolaan serta Pendistribusian Dana Sosial berdasarkan Undang-Undang Zakat No. 23 Tahun 2011. Guna menjawab permasalahan di atas, maka data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini bersifat kualitatif yang menghasilkan data yang dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan metode deduktif. Pembahasan dalam skripsi ini menghasilkan kesimpulan bahwa dana sosial seperti zakat, infaq, shadaqah, wakaf dan hibah adalah salah satu cara untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia. Dalam hal ini proses manajemen pengelolaan dana sosial dimulai dari penghimpunan dana sampai dengan pendistribusian dana. Penghimpunan dana sosial di DASA dilakukan satu bulan sekali dan dana yang terhimpun sekitar 70-80 juta. Dana yang telah dihimpun digunakan untuk keperluan pondok pesantren, panti asuhan, subsidi guru TPA dan orang-orang yang tidak mampu. Dana yang dikelola sementara ini hanya bersifat konsumtif, tidak ada pengembangan dana yang dilakukan ataupun usaha produktif dari lembaga. Semua kegiatan manajemen mulai dari penghimpunan sampai dengan pendistribusian yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Tentang Pengelolaan Zakat Nomor 23 Tahun 2011. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka proses keseluruhan manajemen pengelolaan dana sosial di Yayasan Al-Jihad Surabaya sudah sesuai dengan ketentuan agama Islam dan sesuai dengan syarat-syarat pendirian lembaga sosial dari BAZNAS, dari mulai proses pengumpulan, pengelolaan hingga pendistribusian. Dari hasil di atas, dapat pula disarankan untuk terus menerus meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan terhadap para donatur, melakukan perbaikan terus menerus terhadap manajemen pengelolaan dana sosial, sehingga akan bisa memperluas jaringan dan donatur semakin bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Rohmah, Baitul Arofatin--C34211146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Manajemen
Wakaf
Zakat
Keywords: Pengelolaan Dana Sosial; Yayasan Al Jihad
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arofatin Nur Rohmah Baitul
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:17
Last Modified: 15 Jan 2020 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item