PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM PEMIKIRAN DAN PRAKSIS PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofi, Machmud (2014) PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM PEMIKIRAN DAN PRAKSIS PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menurut Islam merupakan bagian dari tugas kekhalifahan manusia yang harus dilaksanakan, sebagai penghambaan kepada Allah SWT. Yang harus dilaksanakan dengan ikhlas, sabar dan penuh tanggungjawab. Oleh karena itu, pembaruan pendidikan Islam dalam pemikiran KH. Ahmad Dahlan, yang telah mengintegrasikan pendidikan umum dan agama (holistik), dari awal secara intensif telah memberikan konsep yang mendasar tentang pendidikan Islam melalui bimbingan dan pelatihan untuk menjawab tantangan zaman. Salah satu intelektual Muslim yang mencoba melakukan rekonstruksi bangunan paradigma yang dapat dijadikan dasar bagi sistem pendidikan nasional adalah KH. Ahmad Dahlan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diambil suatu rumusan masalah yang dapat diaplikasikan dalam konteks kekinian.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian library research dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif, dengan cara menemukan pola, tema tertentu, mencari hubungan logis antara pemikiran tersebut, kemudian mengklasifikasikan pemikiran tokoh sehingga dapat dikelompokkan ke dalam aspek pendidikan Islam.
Kemudian langkah terakhir yaitu merumuskan pembaruan pendidikan Islam yang dapat diimplementasikan dalam konteks kekinian. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa pembaruan pendidikan Islam dalam pemikiran KH. Ahmad Dahlan, dapat terlihat pada usahanya dalam mengintegrasikan ilmu agama dan umum agar tercipta ulama yang intelektual atau intelektual yang ulama. Tujuan pendidikan Islam menurutnya adalah melahirkan individu yang utuh. Dalam rangka mengintegrasikan kedua sistem pendidikan, KH. Ahmad Dahlan lebih banyak mengadopsi sistem pendidikan sekolah Barat yang sudah maju dan diintegrasikan dengan pendidikan Islam. Memaknai pemikiran KH. Ahmad Dahlan dalam konteks kekinian yang dirumuskannya ingin mendobrak pendidikan tradisional, mewujudkan pendidikan modern dan semangat integrasi kurikulum. Makna tersebut memiliki dimensi yang urgen dalam menyiapkan peserta didik agar bisa menghadap tantangan zaman

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Biyanto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofi, MachmudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pemikiran Pendidikan; Praksis; K.H. Ahmad Dahlan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2015 02:35
Last Modified: 05 Mar 2015 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item