Pengaruh efektivitas kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Nabilah (2016) Pengaruh efektivitas kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang Pertama, Bagaimana efektivitas kebijakan kantong plastik berbayar terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya. Kedua, Bagaimana respon ibu rumah tangga tentang kebijakan kantong plastik berbayar. Ketiga, Seberapa besar pengaruh efektivitas kebijakan kantong plasik berbayar terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil secara area sampling dan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah angket, dokumentasi, maupun observasi. selanjutnya analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hasil, yakni Pertama, Efektivitas kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya menggunakan lima indikator untuk mengukur efektivitas sebuah kebijakan yaitu, pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, perubahan nyata. 1) Dari indikator pemahaman program didapatkan hasil sebesar 34%. 2) Dari indikator tepat sasaran di dapatkan hasil sebesar 73%. 3) Dari indikator tepat waktu didapatkan hasil sebesar 27%. 4) Dari indikator tercapainya tujuan didapatkan hasil sebesar 25%. 5) Dari indikator perubanhan nyata didapatkan hasil sebesar 28%. Dari kelima indikator tersebut didapatkan rata-rata efektivitas penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya adalah sebesar 34%. Kedua, respon masyarakat terhadap kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik dalam hal ini adalah ibu rumah tangga di Surabaya, mempunyai respon (tanggapan) yang positif tentang kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan 68 (68%) responden menyatakan setuju pada kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik sedangkan yang menyatakan tidak setuju hanya 32 (32%) responden. Ketiga, Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan menggunakan SPSS versi 16.0 dapat diketahui bahwa pengaruh efektivitas kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik terhadap penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya mempunyai tingkat pengaruh yang “Rendah” yaitu sebesar 0,216. Selanjutnya, dilakukan uji determinasi yang diperoleh nilai sebesar 0,047 yang artinya bahwa 4,7% variabel efektivitas penggunaan kantong plastik ibu rumah tangga di Surabaya dipengaruhi oleh kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik dan sisanya 95,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Nabilahbila.nabilah11@gmail.comE04212037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@yahoo.co.id2018107602
Subjects: Politik
Keywords: Efektivitas; Kebijakan; Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Nabilah Nabilah
Date Deposited: 26 Aug 2016 06:37
Last Modified: 19 Dec 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item