PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARGA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DESA SIDOHARJO KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Anis Zainul (2014) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA WARGA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DESA SIDOHARJO KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Warga Berkebutuhan Khusus di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo” ini adalah hasil dari penelitian lapangan “field research”. Hal ini dilakukan karena lebih dari 200 warga Sidoharjo tersebut berkebutuhan khusus. Rumusan masalah pertama adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada warga berkebutuhan khusus?, kedua adalah bagaimana kesesuaian pelaksanaan pendidikan agama Islam pada warga berkebutuhan khusus dengan peraturan pemerintah yang memberikan hak-hak pendidikan bagi para berkebutuhan khusus?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian pada warga berkebutuhan khusus yang berada di desa Sidoharjo. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan teknik kualitataif dan kemudian dikemukakan secara deskriptif dengan pola berfikir deduktif induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan agama seseorang yang berkebutuhan khusus di desa Sidoharjo belum menjadi prioritas yang utama. Sehingga perlu dikaji agar lebih memperhatikan pendidikan agama bagi para warga berkebutuhan khusus. Seharusnya mereka juga mendapatkan pendidikan agama agar seseorang berkebutuhan khusus dapat mengetahui batasan dan petunjuk yang dapat mengantarkan dirinya kepada kehidupan yang lebih berkualitas. Dengan pendidikan agama maka mereka akan memperoleh bekal untuk hidup di tengah lingkungan masyarakat. Dan seharusnya pun mereka mendapatkan hak-haknya sebagai warga Negara Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Anis ZainulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2015 03:42
Last Modified: 22 Apr 2015 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item