Ajaran Samin dan kearifan lokal : eksistensi masyarakat Samin pada era modernisasi di Dusun Jepang desa Margomulyo kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafiya, Yeti (2016) Ajaran Samin dan kearifan lokal : eksistensi masyarakat Samin pada era modernisasi di Dusun Jepang desa Margomulyo kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Adapun penelitian ini difokuskan pada 1. Bagaimana konsep ajaran Samin yang diterapkan masyarakat Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro? 2. Bagaimana eksistensi ajaran Samin di tengah arus modernisasi pada masyarakat Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro?.Untuk menjawab permasalahan diatas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat Samin di dusun Jepang adalah teori fungsional structural Robert K Merton.Maka dari itu, penelitian tersebut dapat diperoleh beberapa kesimpulan 1. ajaran Samin dicetuskan pertama kali oleh Ki Samin Surosentiko/ R Kohar. Konsep ajaran Samin terdiri dari jangan iri hati, jangan dengki, jangan membeda-bedakan sesama manusia, semua saudara, jangan ambil seenaknya sendiri,kalau butuh jawab, orang harus punya sifat baik, jangan mencubit kalau tidak mau dicubit,orang harus rukun, gotong royong, tolong menolong, jika pinjam dikembalikan, jika pinjam uang 1 juta kembalinya juga 1 juta (tidak boleh lebih atau kurang), sabar dan jangan bicara kotor.Ajaran Samin miliki fungsi diantaranya dapat membangun rasa gotong royong, rukun, membangun kesejahteraan dan keamanan.2. Masyarakat Samin mengetahui dan memahami Ajaran Samin yang berlaku di era moderisasi ini. Upaya pemrintah dan instansi setempat juga berperan penting di dalam menunjukkan keeksistensian masyarakat Samin dengan budaya local yang mereka miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafiya, Yetiyetioktafiya@gmail.comB55211082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMazidah, Nurnurmazidah13@yahoo.co.id092100900972
Subjects: Kebudayaan Jawa
Keywords: Ajaran; kearifan local; masyarakat; modernisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Oktafiya Yeti
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:36
Last Modified: 29 Nov 2019 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item