Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurul (2016) Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa Fakultas yang baru berdiri dan di tengah persaingan global cenderung menyebabkan efikasi diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap efikasi diri mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 10 mahasiswa dan kelompok kontrol 10 mahasiswa. Karakteristik subjek penelitian diantaranya adalah: 1) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Fakultas Sains dan Teknologi, 2) Memiliki skor efikasi diri akademik yang rendah sampai sedang di anatar populasi, dan 3) bersedia menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua kelompok group yang berbeda dengan desain pre-test dan post test. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa pelatihan berpikir positif yang di susun berdasarkan aspek-aspek berpikir positif, yaitu positive expectation, reality adaption, non-judgement talking, dan self affirmation. Pelatihan ini terdiri atas enam sesi dan diberikan salama satu hari. Alat ukur yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri akademik PSP Nurul (2014). Hasil uji statistika dengan menggunakan teknik analisis Mann Whitney U menunjukkan bahwa gain score antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan nilai p = 0,001 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan skor efikasi diri akademik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan hasil analisis Wilcoxon Signed Rank menunjukkan bahwa skor pre test dan post test kelompok eksperimen mendapatkan nilai p = 0,005 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat efikasi diri akademik pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Tingkat efikasi diri akademik mahasiswa setelah mengikuti pelatihan berpikir positif lebih tinggi daripada tingkat efikasi diri akademik sebelum mengikuti pelatihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurulnurulhidayati9394@gmail.comB07212068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBalgies, Soffysbalgies@yahoo.com2022097604
Subjects: Psikologi
Keywords: Pelatihan berpikir positif; efikasi diri; mahasiswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hidayati Nurul
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:30
Last Modified: 06 Dec 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13225

Actions (login required)

View Item View Item