PENGARUH TATA TERTIB 7 KEWAJIBAN SANTRI DI PESANTREN MODERN AL AMANAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP BILINGUAL TERPADU JUNWANGI KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suswandani, Wahyu Diya (2014) PENGARUH TATA TERTIB 7 KEWAJIBAN SANTRI DI PESANTREN MODERN AL AMANAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP BILINGUAL TERPADU JUNWANGI KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Kehidupan manusia pada hakikatnya mempunyai kebebasan, namun kebebasan
itu tidak terlepas dari pembatasan. Batasan-batasan itu dapat berupa perundangundangan,
peraturan,tata tertib ataupun adat istiadat, yang mengikat seluruh individu
dan masyarakat baik itu yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Bahkan setiap
tempat memiliki aturan.Pesantren modern Al Amanah memiliki cirri khas adanya tata
tertib 7 kewajiban santri di dalamnya yang wajib di laksanakan setiap hari. Adanya
peraturan ini di harapkan santri lebih bisa disiplin, tanggung jawab dan ada pengaruh
baik terhadap prestasinya. Karena tata tertib ini dapat menunjang kecerdasan mereka
baik dari 1.kecerdasan spiritual seperti kewajiban berjama’ah, kewajiban sholat
dhuha, kewajiban sholat tahajud, kewajiban membaca Al Qur’an. 2.Kecerdasan
intelektual seperti kewajiban membaca buku dan kewajiban berbahasa arab dan
inggris. 3. Kecerdasan sosial yaitu kewajiban selalu menjaga lingkungan. Dan
pengasuh juga berharap 7 kewajiban santri ini bisa menjadi budaya bagi santri
pesantren modern Al Amanah.
Masalah yang diteliti adalah: 1.Bagaimana pelaksanaan tata tertib 7 kewajiban
santri. 2. Adakah pengaruh tata tertib 7 kewajiban santri dengan prestasi belajar siswa
kelas VIII di SMP BILTER. Dengan mengambil 50 siswa sebagai sampel dari jumlah
populasi sebanyak 200 siswa. Sedangkan untuk menjawab semua permasalahan di
atas digunakan beberapa metode mulai dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan
angket. Setelah seluruh data terkumpul, maka data tersebut dianalisis kuantitatif.
Sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan rumus prosentase dan regresi
linier.
Pelaksanaan tata tertib 7 kewajiban santri di Pesantren Modern Al Amanah
Junwangi Krian Sidoarjo memiliki analisis data persentase yang menunjukkan
67,7%. Hasil tersebut ditafsirkan sesuai dengan hasil standar yang menempati posisi
56%-75% yang berarti pelaksanaan tata tertib 7 kewajiban santri cukup baik.Terdapat
pengaruh tata terib 7 kewajiban santri Pesantren Modern Al Amanah dengan prestasi
belajar siswa kelas VIII di SMP Bilingual Terpadu Junwangi Krian Sidoarjo.
Sedangkan dari uji Signifikansi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003, karena
nilai signifikansi kurang dari 0,05 ( 0,003 ≤ 0,05) maka terima Ha dan tolak Ho.
Dengan demikian hasil pengujian hipotesis ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suswandani, Wahyu DiyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Tata Tertib; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2015 05:20
Last Modified: 05 Mar 2015 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item