PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS V DI MI. AL FATTAH I BANYUURIP UJUNGPANGKAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyah, Zainiyah (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS V DI MI. AL FATTAH I BANYUURIP UJUNGPANGKAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam hal ini, peserta didik belajar dari peserta didik lain yang memiliki status umur, kematangan atau harga diri yang tidak jauh berbeda dari diri sendiri, sehingga anak tidak merasa begitu terpaksa untuk menerima ide-ide dan sikap dari gurunya yang tidak lain adalah teman sebayanya itu sendiri. Tutor sebaya dimaksud sebagai sosok pembimbing yang menfasilitasi akan suatu hal (Kegiatan belajar yang di ambil dari kelompok peserta didik).
Penerapan pembelajaran tutor sebaya tidaklah terlalu sulit, guru hanya perlu memilih peserta didik yang berprestasi/pandai sebagai tutor untuk membantu guru selama proses belajar mengajar berlangsung. Adapun langkah-langkah guru dalam pelaksanaan tutor sebaya didalam kelas adalah sebagai berikut :
a. Beberapa peserta didik pandai diminta untuk mempelajari suatu pokok bahasan.
b. Guru memberi penjelasan umum mengenai pokok bahasan
c. Kelas dibagi ke dalam tiga kelompok
d. Guru membimbing peserta didik yang perlu bimbingan
e. Guru membantu jika ada masalah yang tidak terpecahkan
f. Guru mengadakan evaluasi dan penguatan
Dari hasil rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa menggunakan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran al Qur’an Hadits peserta didik kelas V MI Al Fattah 1 Banyuurip Ujungpangkah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsudin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyah, ZainiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran; Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Al-Qur'an Hadis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2015 08:03
Last Modified: 05 Mar 2015 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item