PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS V MI AL HIKMAH MASANGAN BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shodiqin, Ali (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS V MI AL HIKMAH MASANGAN BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya hasil belajar selalu di urutan paling bawah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Padahal ilmu matematika memiliki peranan sangat strategis dalam berbagai kehidupan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan pembelajaran model kooperatif STAD.
Rumusan masalah yang diajukan: 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik tentang sifat-sifat bangun datar? 2. Apakah pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik tentang sifat-sifat bangun datar? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan subyek 20 orang siswa MI Al-Hikmah Masangan Bungah Gresik Tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan data menggunakan metode observasi, , tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok membuat soal dan jawaban model STAD.
Hasil penilaian dan observasi diperoleh data sebagai berikut: aktifitas pembelajaran klasikal meningkat siklus I 64% menjadi 84% pada siklus II dari kriteria 60–70%. Aktifitas pembelajaran kelompok siklus I 81,25% menjadi 90% pada siklus II dari kriteria 70–80%, aktifitas pembelajaran kuis penanya Siklus I 82,60% menjadi 89,07% pada siklus II dan penjawab siklus I 79,22% menjadi 95,25% pada siklus II dari rata-rata 70-80% semuanya sudah dapat dikatakan berhasil. Dalam penilaian hasil belajar siklus I mencapai 80% dengan rata-rata 7,3 dan siklus II ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 83. dapat dikatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik tentang sifat-sifat bangun datar dengan melibatkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan pembelajaran secara klasikal namun sudah dalam bentuk kelompok masing-masing 4 siswa berdiskusi untuk membuat soal dan jawaban, mempresentasikan ke depan dan dilanjutkan dengan tes secara individu, siswa diberikan tindak lanjut dan refleksi. (2) Pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Al Hikmah Masangan Bungah Gresik Masangan Bungah Gresik tentang sifat-sifat bangun datar.
Maka disarankan (1) Bagi teman-teman guru, untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika yang cenderung tidak disukai oleh siswa , maka sebagai alternatif penyelesaiannya adalah menerapkan model kooperatif STAD. (2) Juga untuk teman-teman guru, untuk menerapkan Strategi pembelajaran model kooperatif STAD seperti pada penelitian ini diperlukan persiapan yang matang, terutama pada saat penilaian kelompok penjawab diperlukan bantuan dari siswa yang pandai untuk membantu guru mengerjakan soal-soal yang dibuat oleh temannya. (3) Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian lanjutan sesuai dengan penelitian ini juga disarankan agar membuat persiapan yang lebih sempurna terutama dalam mempersiapkan instrumen pengamatan beserta rubrik-rubrik yang jelas pada saat kegiatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Machfud Bachtiyar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shodiqin, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Proses Pembelajaran; Model Kooperatif STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 06:37
Last Modified: 06 Mar 2015 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item