PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HAEDS TOGETHER) PADA MATA PELAJARAN PKN TENTANG PENGARUH GLOBALISASI DI MI AS SALAM WRINGINANOM GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhernah, Suhernah (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HAEDS TOGETHER) PADA MATA PELAJARAN PKN TENTANG PENGARUH GLOBALISASI DI MI AS SALAM WRINGINANOM GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat di butuhkan proses pembelajaran yang inovatif yang mana interaksi guru dan siswa dalam KMB yang menyenangkan dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga menghasilkan kegiatan yang diharapkan.
Diantaranya dalam proses pembelajaran sering kita temui ketidak aktifan siswa dan kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran sehingga interaksi yang signifikan tidak dapat terwujud. Sehingga keaktifan siswa selama proses belajar mengajar terjadi dan interaksi yang diharapkan juga tidak dapat terwujud akhirnya sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
Berpijak dari permasalahan diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Pada penelitian ini, apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Tipe NHT (Numbered Heads Together), dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IV pada mata pelajaran PKn tentang pengaruh globalisasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi hasil belajar siswa, melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dibagi dalam 3 siklus dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes akhir pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, yaitu Mendenganrkan/memperhatikan penjelasan guru/teman 52,4%, 35,1%, dan 19%, mengerjakan LKS 26,8%, 27,4%, dan 28,6%, bertanya antar siswa/guru 6,5%, 15,5%, dan 22,6%, mengungkapkan ide/pendapat lisan /tulisan 5,4%, 14,9%, dan 25,6%, prilaku yang tidak relevan dengan KBM 8,9%, 7,1% dan 4,2%.
Serta hasil pemahaman siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT, dari ketiga siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I rata-rata kelas 63,6 dengan ketuntasan belajar 35,7%, siklus II rata-rata kelas 71,8 dengan ketuntasan belajar 60,7%, siklus III rata-rata kelas 83,8 dengan ketuntasan belajar 92,9%, dengan perolehan 26 siswa yang tuntas dengan prosentase 92,9%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi dengan rencana sebesar 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhernah, SuhernahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Pemahaman Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif; NHT (Numbered Heads Together)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 06:57
Last Modified: 09 Mar 2015 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item