Implikasi sosiologis ajaran ibadah dalam amaliah sholawat wahidiyah Syekh Kh. Abdoel Madjid Ma'roef

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, M. Amin Khoirul (2016) Implikasi sosiologis ajaran ibadah dalam amaliah sholawat wahidiyah Syekh Kh. Abdoel Madjid Ma'roef. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana ajaran ibadah dalam amaliah Sholawat Wahidiyah Syekh KH. Abdoel Madjid Ma’roef. (2). Bagaimana implikasi sosiologis keagamaan bagi masyarakat setempat khususnya para pengikut beliau. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian Deskripsi Kualitatif untuk menjelaskan dan mengetahui ajaran-ajaran ibadah yang dibimbingkan oleh Syekh. KH. Abdoel Madjid Ma’roef yang dirangkai di dalam Sholawat Wahidiyah dan mengetahui Implikasi Sosiologis terhadap masyarakat setempat khususnya para pengikut beliau. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami ajaran-ajaran ibadah dalam amaliah Sholawat Wahidiyah yang telah disusun oleh Syekh. KH. Abdoel Madjid Ma’roef dan juga Implikasi Sosiologisnya terhadap masyarakat. Penelitian ini bermanfaat sebagai tambahan khazanah keilmuan terutama di bidang pemikiran Islam. Bagi masyarakat, penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam mendalami ilmu-ilmu dalam bidang ‘ubudiyah dan ajaran Wahidiyah yang dibimbingkan oleh Syekh. KH. Abdoel Madjid Ma’roef (Pengarang Sholawat Wahidiyah) yang berfaidah menjernihkan hati dari kotoran-kotoran batin dan juga berfaedah untuk kesadaran kepada Allah swt dan Rasulullah saw. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data yang didapatkan berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian tersebut ada temuan-temuan di antaranya adalah bahwa ajaran ibadah dalam Amaliyah Sholawat Wahidiyah yang dibimbingkan oleh Syekh. KH. Abdoel Madjid Ma’roef tersebut bercorak tasawuf yang universal dan praktis yang terkenal dengan sebutan Ajaran Wahidiyah yang berisi ajaran Lillāh Billāh, Lirrasūl Birrasūl, Lilghauts Bilghauts, Yu`tī Kulla Dhī Ḥaqqin Ḥaqqah, Taqdīm al-Ahamm fa al-Aham thumma al-Anfa’ fa al-Anfa’ yang berfungsi sebagai penerapan tugas manusia hidup di dunia untuk beribadah kepada Allah swt, sehingga apapun yang dilakukan oleh masyarakat selalu dicatat sebagai nilai Ibadah kepada Allah swt, selain itu implikasi dari ajaran-ajaran tersebut memberikan ketenangan batin, perbaikan mental, akhlak masyarakat dan meningkatkan kecerdasan dalam berpikir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, M. Amin Khoirulaminanam21@yahoo.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi Islam
Keywords: Ajaran Wahidiyah; Ibadah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Anam M. Amin Khoirul
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:37
Last Modified: 14 Nov 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item