Penerapan strategi “Pairs and Check” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca surat Al-Alaq pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Faizatun Nailis (2016) Penerapan strategi “Pairs and Check” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca surat Al-Alaq pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca surat Al-Alaq yang disebabkan karena peserta didik lebih terfokus pada guru, siswa kurang aktif dalam membaca, sehingga pembelajaran terkesan monoton. Serta kurangnya variasi proses pembelajaran yang dilakukan guru. Dari hasil wawancara pra siklus, dari 30 siswa hanya 8 siswa yang tuntas, hal ini menunjukkan bahwa makhorijul huruf, kelancaran dan ilmu tajwid masih jauh dari KKM (Nilai 80). Untuk meningkatkan keterampilan membaca surat Al-Alaq, peneliti mengambil tindakan melalui strategi Pairs and Check yang dilakukan dalam dua siklus Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi Pairs and Check (Berpasangan dan mengecek) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca siswa kelas V MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati dengan menggunakan strategi Pairs and Check (Berpasangan dan mengecek)?. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Penerapan pembelajaran strategi Pairs and Check (Berpasangan dan Mengecek) pada materi surat Al-Alaq berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklus. Setelah dilakukan penelitian, diketahui pada siklus I perolehan nilai aktifitas guru adalah 72 (kategori cukup) dan meningkat menjadi 85 (kategori baik) pada siklus II. Dan untuk aktifitas siswa juga meningkat dari perolehan nilai 70 (kategori kurang) pada siklus I menjadi 84 (kategori baik) pada siklus II. Nilai rata-rata keterampilan membaca surat Al-Alaq pada siklus I mencapai 70 (belum tuntas) yang meningkat menjadi 85 (tuntas) pada siklus II, sedangkan pada siklus I diperoleh prosentase ketuntasan Keterampilan membaca siswa yaitu 43% (kategori cukup) yang meningkat menjadi 80% (kategori tinggi) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Faizatun Nailisfaizatunnailis@gmail.comD07212006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi Pairs and Check; Keterampilan membaca surat Al-Alaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sa'adah Faizatun Nailis
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:58
Last Modified: 21 Feb 2023 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13691

Actions (login required)

View Item View Item