Peranan Sri Sultan Hamongkubowono IX dalam pembentukan Gerakan Pramuka 1960-1961 dan unsur-unsur nilai Islami di dalamnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiasin, Lutfiasin (2016) Peranan Sri Sultan Hamongkubowono IX dalam pembentukan Gerakan Pramuka 1960-1961 dan unsur-unsur nilai Islami di dalamnya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Skipsi ini berjudul Peranan Sri Sultan Hamengkubuwono IX Dalam Pembentukan Gerakan Pramuka 1960-1961: Studi Tentang Nilai-Nilai Islami Di Dalam Gerakan Pramuka. Dengan fokus pembahasan dalam penelitian ini ada 3 hal yaitu: 1. Bagaimana kondisi organisasi kepemudaan di Indonesia sebalum pembentukan Gerakan Pramuka? 2. Bagaimana peran aktif Sri Sultan Hamengkubuwono IX terhadap pembentukan gerakan pramuka tahun 1960-1961? dan 3. Apa saja nilai-nilai Islami yang terdapat di dalam Gerakan Pramuka?Guna memudahkan langkah peneliti dalam upaya merekontruksi peristiwa masa lampau yang terjadi sekali pada kehidupan manusia, dalam hal ini kehidupan seorang tokoh serta peranannya dalam kehidupan masyarakat. Maka penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan metode sejarah. Sehingga dengan menggunakan pendekatan ini, peneliti dapat mengungkap fakta sejarah tentang biografi singkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX serta perana beliau dalam pembentukan Gerakan Pramuka tahun 1960-1961. Dalam penelitian sejarah ini dimaksudkan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta mensintesiskan bukti-bukti untuk mendukung fakta dalam memperoleh kesimpulan yang kuat. Peneliti menggali dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini.Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Menjelang tahun 1960 organisasi kepandun pecah menjadi lebih dari 100 organisasi kepanduan serta akan dimanfaatkan untuk menjadi pioneer muda oleh kelompok komunis maka kepanduan harus segera diperbaharui dan diselamatkan. 2. Sri Sultan Hamengku Buwono IX mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan serta pengembangan gerakan pramuka sehingga beliau dipercaya menjabat sebagai ketua Kwartir Gerakan Pramuka dan dinobatkan sebagai BAPAK PRAMUKA karena jasa serta pemikirannya terhadap Gerakan Pramuka. dan 3. Dalam pendidikan kepramukaan terkandung banyak nilai-nilai islami yang menjadikan Gerakan pramuka selaras dengan ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiasin, Lutfiasinlutfiasin1261@gmail.comA02212065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Nurnurrokhim@uinsby.ac.id2007036002
Subjects: Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sejarah; gerakan pramuka; sri sultan hamengkubuwono ix
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Lutfiasin Lutfiasin
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:16
Last Modified: 29 Nov 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item View Item