PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BRAIN BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN METAKOGNISI SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Fahmi (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BRAIN BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN METAKOGNISI SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran validitas perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKS, kepraktisan perangkat pembelajaran matematika, aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, serta metakognisi siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika dengan metode brain based learning. Dengan adanya metode Brain Based Learning diharapkan dapat melatihkan kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang dibatasi sampai fase ke empat yaitu : (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, (d) fase tes, evaluasi, dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP PGRI 13 KRIAN. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, validasi ahli, observasi, tes, wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh RPP, LKS dan Instrumenintrumen. Data kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP 3,86;dan LKS 3,8. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria “efektif” dikarenakan keterlaksanaan dalam pelaksanaan sintaks pembelajaran diperoleh rata-rata 3,4 yang berarti RPP yang digunakan dalam penelitian ini telah terlaksana dalam kategori “sangat baik” dan aktivitas siswa telah memenuhi kriteria aktif dengan prosentase siswa aktif sebanyak 83.1% dan prosentase siswa pasif sebanyak 16,9%. Hasil kemampuan metakognitif menyatakan bahwa sebanyak 20% anak termasuk kedalam kategori kemampuan metakognitif tinggi dan yang 80% adalah sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, FahmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pembelajaran; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: KURNIAWAN FAHMI
Date Deposited: 09 Sep 2016 01:55
Last Modified: 09 Sep 2016 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item