MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP PERUBAHAN PADA BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS VIA DI MIN KEDAMEAN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Nurul (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP PERUBAHAN PADA BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS VIA DI MIN KEDAMEAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah proses untuk menentukan nilai belajar peserta didik melalui kegiatan penilaian dan atau pengukuran hasil belajar, sehingga hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai peserta didik dari suatu proses belajar. Hasil yang dicapai dari suatu proses tersebut berupa pengetahuan, sikap, kebiasaan, pengalaman, keterampilan, yang terjadi dalam pendidikan formal maupun non formal. Sedangkan hasil yang dicapai peserta didik dalam belajar di sekolah pada umumnya berbentuk angka atau huruf sebagai nilai hasil belajar yang dapat dilihat dari buku raport, yang merupakan rumusan terakhir yang diberikan oleh guru mengenai kemajuan kegiatan belajar di sekolah pada waktu yang telah ditentukan.
Dengan demikian dapat dikonklusikan bahwa hasil belajar adalah suatu peningkatan kemampuan peserta didik yang diperoleh melalui penyampaian informasi dan pesan oleh guru setelah proses pembelajaran berlangsung yang berupa angka atau selama satu periode tertentu.
Pada mata pelajaran IPA dengan materi Perubahan benda, peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaranDemonstrasi. Hal ini diindikasikan karena masih kurangnya motivasi dan minat peserta didik, sehingga menyebabkan tidak maksimalnya hasil belajar yang diperoleh oleh mereka. Alasan lain dari penggunaan strategi pembelajaran, karena strategi ini dianggap cukup representatif sebagai model pembelajaran dalam mempelajari Perubahan Benda.Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Sepetember 2014 jam ketiga dan keempat (2X40 menit) mulai jam 08.10 s/d 09.30 WIB pada siklus I, dan untuk siklus II dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2014 dengan waktu yang sama dengan siklus I.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VI MIN Kedamean. Peningkatan hasil belajar ini dapat ditunjukkan hasil pada siklus I terdapat peningkatan hasil belajar yang dilihat dari hasil pre test dan post test yaitu sebesar 53,70% dan 67,78%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar yang dilihat dari post test dengan prosentase 81,48%. Hasil ini sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70) dan berarti peserta didik semuanya tuntas dan mencapai KKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch.Tolchah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Metode Demonstrasi; Konsep Perubahan Benda
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2015 02:01
Last Modified: 12 Mar 2015 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item