PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LEARNING CELL MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA DAHANREJO KEBOMAS GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulva, Yun Indana (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LEARNING CELL MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA DAHANREJO KEBOMAS GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi koperasi pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang rendah akan memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi koperasi, di ambil tindakan pembelajaran melelui teknik learning cell.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan teknik Learning Cell dalam pembelajaran IPS materi koperasi di kelas IV MI Miftahul Huda Dahanrejo Kebomas Gresik? (2) Bagaimana peningkatkan hasil belajar IPS materi koperasi dengan menggunakan teknik Learning Cell di kelas IV MI Miftahul Huda Dahanrejo Kebomas Gresik?Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan dengan teknik wawancara bebas terpimpin dengan guru mata pelajaran IPS, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa, sedangkan pada teknik evaluasi atau tes hasil belajar menggunakan butir-butir soal tes.Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut: (1) Kegiatan pembelajaran melalui teknik learning cell pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 72,5 sedangkan siklus II menjadi 85. Dan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,8 sedangkan siklus II menjadi 85,9. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi dengan teknik learning cell pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda, hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 73 menjadi 85,2 pada siklus II, serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 42% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 91,7% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulva, Yun IndanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulva Yun Indana
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:50
Last Modified: 06 Sep 2016 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item View Item