Pembelajaran pada masa bani ‘abbasiyah (750-1258 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karomah, Fika Fitrotin (2016) Pembelajaran pada masa bani ‘abbasiyah (750-1258 M). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Sejarah telah mencatat bahwa masa Daulah‘Abbasiyah adalah masa keemasan Islam terutama dalam bidang pendidikan. Pada masa ini telah berkembang berbagai cabang ilmu pengetahuan, ditambah lagi dengan banyaknya penerjemahan buku-buku dari bahasa asing ke bahasa Arab. Pada umumnya pembelajaran yang digunakan pada masa Bani ‘Abbasiyah cenderung menggunakanparadigma pembelajaran yang terpusat pada guru (konservatif). Hal ini terlihat dari beberapa metode pembelajaran yang digunakan pada masa Bani ‘Abbasiyah,seperti: metode lisan, hafalan, pengulangan, dan tulisan.Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran pada masa Bani ‘Abbasiyah, karena pada masa tersebut dengan metode konservatif mampu melahirkan ilmuan muslim dari berbagai bidang keahlian. Sehingga hal ini menggugah penulis untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran pada masa Bani ‘Abbasiyah dan mencari relevansinya dengan pembelajaran pada masa sekarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis. Data dan informasi yang didapatkan dari berbagai referensi akan diolah, dianalisis dalam rangka untuk menemukan pembelajaran pada masa Bani ‘Abbasiyah. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah contentanalysis. Teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan metode dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kuttab metode yang digunakan ialah pengulangan dan hafalan. Metode ini merupakan bagian dari model pembelajaran langsung. Jadi pembelajaran yang digunakan di Kuttab ialah model pembelajaran langsung. Sedangkan di Masjid menggunakan metode h{alaqah (diskusi) dan talaqqi (ceramah). Jadi pembelajaran yang digunakan di Masjid ialah model pembelajaran kooperatif dan pembelajaran langsung. Adapundi Madrasah Niz{a>miyahmetode mengajarnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab. Metode ini termasuk dari model pembelajaran langsung. Sedangkan metode lain yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah metode diskusi, koresponden jarak jauh, dan r{ihlah ilmiah. Metode ini merupakan bagian dari model pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual. Jadi model pembelajaran yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah model pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kontekstual. Sementara itu, terdapat relevansi antara pembelajaran pada masa Bani ‘Abba>siyah dengan pembelajaran pada masa sekarang, Metode hafalan dan pengulangan memiliki relevansi dengan metode sorogan dan muh{afadlah,metode ceramah memiliki relevansi dengan metode bandongan, serta metodeh{alaqahmemiliki relevansi dengan metode diskusi muhadlarah, thulmasa’il.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karomah, Fika Fitrotin--F03213046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karomah Fika Fitrotin
Date Deposited: 20 Sep 2016 01:30
Last Modified: 05 Dec 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item