A study on the grammatical cohesion in mark twain’s novel “the adventures of huckleberry finn

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arafat, Yulizar (2016) A study on the grammatical cohesion in mark twain’s novel “the adventures of huckleberry finn. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar orang di dunia ini dapat meneriman informasi dengan membaca. Seluruh buku yang telah dibaca oleh manusia adalah karya sastra. Karya sastra dibagi menjadi dua jenis, sastra anak-anak dan sastra dewasa. penulis memilih sastra dewasa dan mengambil novel sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini berfokus pada A Study on the Grammatical Cohesion in Mark Twain’s Novel. Grammatical cohesion adalah salah satu cara untuk menganalisa cerita dalam novel, karena Grammatical cohesion adalah studi untuk menganalisis hubungan antara kesatuan struktur. Dalam skripsi ini, penulis mengangkat macam-macam grammatical cohesion dan fungsi yang digunakan dalam Mark Twain’s Novel. Penulis mengambil data dari novel yang ditulis oleh Mark Twain yaitu Discover Moses and the Bulrushers, Our Gang’s Dark Oath, We Ambuscade the A-rabs, The Hairball Oracle, Pap Starts in on a New Life, Pap Struggles with the Death Angel, and I Fool Pap and Get Away. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata. Penulis menggunakan teori dari Halliday dan Hasan (1976) untuk menganalisis jenis dan fungsi dalam data. Data yang diambil adalah dalam bentuk kalimat dalam plot. Pembahasan dalam analisis ini meliputi reference, substitution dan conjunction. Reference itu sendiri dibagi menjadi: personal reference, demonstrative reference dan comparative reference. Lalu, substitution dibagi menjadi: nominal substitution, verbal substitution dan clause substitution. Dan pada conjunction sendiri dibagi menjadi: additive conjunction, adversative conjunction, causal conjunction dan temporal conjunction. Akhirnya, Penulis menemukan kesatuan dari reference seimbang dengan kesatuan pada conjunction. Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan spesifik dalam kesatuan grammatical cohesion yang digunakan oleh penulis ketika ia menulis karya sastra. Jadi, penulis juga menemukan banyak fungsi dalam setiap jenis Grammatical Cohesion, yaitu untuk menunjukan kata ganti orang, menunjukan kata ganti keterangan, membandingkan identitas dan persamaan, penggantian kata nominal, penggantian kata kerja, penggantian dalam keseluruhan kalimat, memberikan informasi tambahan, memberikan harapan bertentangan, menunjukan hasil spesifik dari informasi alasan dan menciptakan kesambungan dalam waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arafat, Yulizarfafaalim@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Linguistik
Keywords: Sastra novel; cerita dalam novel
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2016 06:50
Last Modified: 14 Nov 2019 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item