Persiapan implementasi aplikasi Whistleblowing System dalam mendeteksi serta mengantisipasi tindakan Fraud di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Lulu Ainun (2016) Persiapan implementasi aplikasi Whistleblowing System dalam mendeteksi serta mengantisipasi tindakan Fraud di UIN Sunan Ampel Surabaya. Masters thesis, pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lulu Ainun Nikmah_F04214049 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya kejahatan kerah putih white collar crime di dalam lingkungan kerja, mendorong Kementerian Agama RI bertekad untuk memperkuat sistemnya dengan mencanangkan Zona Integritas ZI untuk mewujudkan birokrasi yang Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani WBK/WBBM). Kementerian Agama RI mengajak seluruh unit kerjanya salah satunya UIN Sunan Ampel Surabaya untuk ikut berpartisipasi aktif menerapkan aplikasi Whistleblowing System WBS ke dalam lingkungan internalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Whistleblowing System, menganalisis persiapan implementasi Whistleblowing System dan menganalisis kendala yang dihadapi oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dalam upaya mendeteksi serta mengantisipasi tindakan fraud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara pada Pimpinan Satuan Pemeriksa Intern SPI , karyawan, dan dosen. Sedangkan, mahasiswa melalui pertanyaan angket. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif naratif. Kemampuan Whistleblowing System dalam mendeteksi serta mengantisipasi tindakan fraud, sebagai berikut: a sebagai alat kontrol dan monitoring, yang dapat membantu meningkatkan perilaku etis lembaga, yang juga dapat mendorong perubahan kultur organisasi ke arah yang lebih baik; b) membangun dan menerapkan manajemen resiko khususnya resiko fraud, pengendalian internal dan tata kelola perusahaan yang jujur; dan c s ebagai early warning system merupakan alat pertahanan utama untuk mendeteksi serta mengantisipasi fraud secara dini, dalam rangka menumbuhkan iklim keterbukaan di dalam lembaga khususnya lembaga pendidikan tinggi. Whistleblowing System di UIN Sunan Ampel Surabaya saat ini dalam tahap persiapan untuk diimplementasikan, agar efektif harus diperhatikan tentang pemenuhan komponen pengungkit dan komponen hasil dalam pencapaian rencana kerja pembangunan ZI menuju WBK/WBBM sesuai isi Peraturan Menteri PAN-RB No. 52 Tahun 2014, didalamnya mencakup indikator penting yang harus dilaksanakan yaitu indikator penguatan pengawasan menerapkan Whistleblowing System yaitu persiapan implementasi dalam rangka menerapkan aplikasi WBS serta isi Keputusan Menteri Agama Nomor 95 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengelolaan Dumas dan Whistleblowing sebagai acuan dalam membangun sistem. Selain itu, ada Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Whistleblowing System acuan dalam persiapan implementasi. Kendala yang dihadapi oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dalam persiapan implementasi, anatara lain: a sosialisasi belum menyeluruh; b) belum ada penunjukkan resmi tentang Tim yang bertanggungjawab terhadap persiapan implementasi Whistleblowing System; c Aspek man power dalam bidang Accounting dan Auditing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Lulu Ainunzidka_zahrana@yahoo.comF04214049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, FatmahUNSPECIFIED197507032007012020
Subjects: Manajemen
Korupsi
Keywords: Implementasi; Whistleblowing System; Fraud
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:29
Last Modified: 08 Nov 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item