LEKTUR KEAGAMAAN DALAM PENGAJARAN TEOLOGI ISLAM DI PONDOK PESANTREN ABAD 18-20 DI INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyad, Amiq (2009) LEKTUR KEAGAMAAN DALAM PENGAJARAN TEOLOGI ISLAM DI PONDOK PESANTREN ABAD 18-20 DI INDONESIA. In: Kearifan Lokal yang Terkandung dalam Manuskrip Lama, Kertas Kerja Pilihan daripada Simposium Antarbangsa Pernaskhahan, 2007, Bima.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengantar.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi Karya Tulis.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren adalah pusat pengajaran ilmu keislaman di Indonesia, selain menjadi tempat pertemuan intelek yang menghubungkan tradisi intelektual Islam di Timur Tengah dan Indonesia. Ketika dibatasi penyebaran kitab kuning oleh pemerintah kolonial Belanda, pondok pesantren terus menyalinnya dan manuskrip kitab kuning itu yang menjadi teks teras dalam kurikulum pendidikannya. Sehingga kini, sejumlah salinan dari manuskrip itu dapat kita temui di beberapa pondok pesantren. Teks-teks itu sudah menjadi rekaman otentik dari sebuah tradisi yang dinamik perkembangan ilmunya. Yang membedakan salinan teks itu dengan karya aslinya adalah catatan di pinggir dalam teks salinan. Catatan itu dibuat oleh murid berdasarkan penjelasan dari Pak guru. Catatan itu bisa berupa ulasan kritikal ke atas isi kitab, penyebaran intelektual sebuah madhhab Islam, ijtihad lokal yang dilakukan tokoh ulama pada masanya, selain catatan sejarah lokal. Oleh sebab catatan pinggir itu aktif dilakukan pada masa penulisannya, maka manuskrip milik pondok pesantren itu telah menjadi dokumen yang unik. Kertas kerja ini mencoba menjelaskan beberapa manuskrip yang berasal dari Iima pondok pesantren di tiga kabupaten di Jawa Timur dengan Salinan digitalnya tersimpan di Lembaga Pengkajian Agama dan Masyarakat (LPAM), di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyad, Amiqa_ahyad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manuskrip
Teologi
Keywords: pondok pesantren; teologi Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:39
Last Modified: 01 Dec 2017 14:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item