Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang: realitas dan prospeknya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurin'in, Qoq (1999) Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang: realitas dan prospeknya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Madrasah adalah salah satu model pendidikan di Indonesia yang menggabungkan antara beberapa ciri pesantren dengan sekolah umum. Dalam hal ini Pemerintah juga memberikan perhatian yang baik terhadap keberadaan madrasah dengan menyelenggarakan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) sejak tahun 1987 dengan harapan dapat menghasilkan siswa yangmemiliki bekal kemampuan dasar ilmu- ilmu agama dan Bahasa arab.
Dalam penelitian ini penulis akan melakukan penelitian tentang “Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang (Realitas dan Prospeknya)” dengan rumusan masalah: Kurikulum apa yang diterapkan di Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang. Apa faktor pendukung dan penghambat bagi perkembangan madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang dan bagaimana cara pemecahannya. Bgaimana prospek Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum JOmbang dilihat dari pertumbuhan dan perkembangannya.
Dari penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang dalam penerapan kurikulum sudah memenuhi syarat secara umum sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh DEPAG dan dilaksanakan dengan baik. Sementara itu ada beberapa faktor pendukung perkembangan Madrasah Aliyah Keagamaan Darul Ulum Jombang diantaranya faktor Kepala Sekolah, Tenaga pengajar, Sarana dan prasarana dan letak daerah dan posisi Lembaga Pendidikan. Dan faktor penghambatnya adalah bermacam- macamnya latar belakang lulusan siswa yang diterima di MAK Darul Ulum Jombang sehingga sedikit menghambat perkembangan lembaga. Upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi masalah adalah dengan pembinaan dari dewan guru dan kebijaksanaan bagi siswa yang memiliki kecerdasan kurang. SEdangkan prospek Madrasah Aliyak Keagamaan Darul Ulum Jombang jika dilihat dari pertumbuhan dan perkembangannya adalah cukup cerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurin'in, Qoq-D01395156
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model Pendidikan; Madrasah; MAK; Darul Ulum Jombang;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:42
Last Modified: 05 Oct 2021 13:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item