Pondok Pesantren Al Khodijiyyah Paculgowang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang : studi tentang etika pergaulan santri dan kyai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khalimatusa'diyah, Khalimatusa'diyah (1998) Pondok Pesantren Al Khodijiyyah Paculgowang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang : studi tentang etika pergaulan santri dan kyai. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Sejarah berdirinya Pondo Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang, kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur diawali dengan didirikannya sebuah langgar kecil yang digunakan sebagai tempat ibadah dan tempat mengajarkan ilmu agama kepada penduduk setempat oleh Romo Kyai Alwi. Mengenai metode pengajaran pada awal berdirinya adalah metode sorogan dan weton, maka sejak itulah secara resmi digunakan nama Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah sesuai dengan nama istri Kyai Anwar Alwi. Rumusan masalaha dalam pembahasan ini adalah: 1). Bagaimana etika pergaulan santri dan kyai dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang. 2). Bagaimana sistem atau metode pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang. 3). Sejauhmana pengaruh charisma serta kewibawaan kyai terhadap pembentukan tingkah laku santri di Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang. 4). Bagaimana bentuk-bentuk etika pergaulan antara santri dan kyai di Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang. Sumber data dalam pembahasan ini adalah Library Research (literatur yang berkaitan dengan obyek penelitian) dan Field Research (studi lapangan). Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi dan Interview (wawancara), ada 2 macam pedoman wawancara yakni wawancara tidak terstruktur atau garis besarnya saja dan wawancara terstruktur (disusun secara terperinci). Adapun kesimpulan dari pembahasan ini adalah; 1). Etika pergaulan santri dan kyai di Pondok Pesantren Al-Khodijiyyah Paculgowang Diwek Jombang sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari etika pergaulan sehari-hari antara santri, ustad, pengurus pondok dan kyai sangat harmonis. 2). Dengan adanya pengaruh seorang kyai yang tinggi tersebut berate menunjukkan adanya charisma yang tinggi pula akan posisi kyai di tengah-tengah masyarakat pada umumnya. 3). Rasa hormat dan kepatuhan santri yang absolut (mutlak) kepada kyai didasari atas kepercayaan bahwa kyai tersebut memiliki kesucian (kesholehan), kualitas keilmuan keagamaan yang tinggi, loyalitas dan integritasnya terhadap agama yang tidak diragukan lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khalimatusa'diyah, Khalimatusa'diyah--082932038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Pesantren
Etika
Perilaku
Keywords: Pondok Pesantren Al Khodijiyyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2016 07:33
Last Modified: 15 Oct 2020 17:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item View Item