Pengembangan materi pembelajaran PAI: studi analisis buku teks PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Ahmad Zainul (2016) Pengembangan materi pembelajaran PAI: studi analisis buku teks PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zainul Muttaqin_F03214009 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Impelementasi kurikulum 2013 secara benar dipercaya dapat meningkatkan permasalahan sumber daya manusia di negara kita, yang menarik dalam kurikulum 2013 pembentukan karakter merupakan tujuan utama, disusul dengan pengetahuan dan kreterampilan. Secara umum yang terkait dengan sikap prilaku adalah: pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab. Sesuai dengan amanat tujuan pendidikan nasional yang dimuat dalam pasal 3 UU No.20 tentang sistem pendidikan nasional yang mendeskripsikan tentang pengembangan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhab Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta tanggung jawab. Kendala implementasi kurikulum 2013 terdiri dari beberapa faktor, diantaranya ketidak siapan SDM, keterbatasan sarana, dan lemahnya kualitas buku pegangan siswa. Dalam hal ini peneliti akan menganalisis buku pegangan siswa kelas VII dan VIII materi PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 tentang, bagaimana pengembangn materi, prinsip pengembangan, karakteristik materi pembelajaran PAI, dan kekuatan dan kekurangan pengembangan materi pembelajaran buku teks PAI dan budi pekerti kurikulum 2013. Dalam penilitian ini peneliti mengunakan pendeketan kualitatif analisis isi (Content Analysis) yaitu metodologi yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan materi pada buku PAI kelas VII dan VIII sudah sesuai dengan skor rata-rata 3,6 untuk buku teks kelas VII dan skor rata-rata 3,1 untuk buku teks kelas VIII, sedangkan karakteristik materi pembelajaran PAI sudah tercakup secara menyuluruh, baik pada buku teks PAI kelas VII ataupun kelas VIII.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Ahmad Zainulgayedzeen@gmail.comF03214009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Pengembangan materi; studi analisis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muttaqin Ahmad Zainul
Date Deposited: 21 Nov 2016 07:50
Last Modified: 08 Nov 2023 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item