IMPLEMENTASI KONSEP TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MEMBANGUN AKHLAQ BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI YAYASAN AT TAUFIQ BHUJU’ EMAS BATAH TIMUR KWANYAR BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soleh, Hoddin (2016) IMPLEMENTASI KONSEP TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MEMBANGUN AKHLAQ BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI YAYASAN AT TAUFIQ BHUJU’ EMAS BATAH TIMUR KWANYAR BANGKALAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Al Qur’an telah memberikan banayak motivasi serta informasi pada kita tentang pentinya pendidikan, diantaranya adalah tiga ayat yang tercantum dalam surat al baqarah ayat 30-32. Salah satu penentu keberhasilan dan kemajuan masyarakat adalah pendidikan, namun tidak disangsikan lagi bahwa dalam pendidikan terdapat bermacam - macam problematika yang disebabkan oleh faktor – faktor yang mempengaruhi pada peserta didik itu sendiri ataupun faktor lingkungannya. Beberapa kesukaran dalam pendidikan yang umum terdapat pada cara – cara murid dalam melaksanakan proses belajar atau pedoman dalam usaha menghilangkan dan mengurangi kesukaran dalam belajar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut : a) Bagaimana konsep belajar Ta’limul Muta’alim, b) Bagaimana implementasi startegi belajar santri Yayasan At Taufiq Bhuju’ Emas Batah Timur Bangkalan. Sedangkan Tujuan penelitian dalam penelitian ini antara lain a) Untuk mengetahui konsep belajar Ta’limul Muta’allim, b) Untuk mengetahui Implementasi strategi belajar santri Yayasan At Taufiq Bhuju’ Emas Batah Timur Bangkalan Konsep belajar dan gaya belajar dala ta’lim ul mutaallim menyadarkan santri bhawa banyak poin-poin yang sudah direlevanisasi. Kitab ini merupakan kitab pendidikan yang fenomunal, namun didalamnya banyak aspek-aspek positif sebagaimana yang telah dilaksanakan kebanyakan santri terutama santri Yayasan At Taufiq Bhuju’ Emas Batah Timur Bangkalan. Gaya belajar yang ditawarkan ta’limul mutaallim menjadi rujukan yang paling dominan sebagai kitab filosofi belajarnya dibangun, juga menonjolkan aspek berkah. Konsep Ta’limul Mutaallim adalah bersifat filosofis tentang pembelajaran yang menyatakan bahwa : 25%-75% santri telah dapat dan akan menguasai tujuan baik hampir semua yang diajarkan apabila disediakan kondisi pengajaran yang sesuai dengannya. Maka dari itu proses belajar yang diterapkan oleh santri Yayasan At Taufiq Bhuju’ Emas Batah Timur Bangkalan, sangat relevan dalam proses belajar mengajar mengajar dengan nilai-nilai filosofis yang diajarkan dalam ta’limul mutaallim. Berkenaan dengan spesialisasi dan intrest, penelitian ditinjau dari bidang ilmu pendidikan saja, sedangkan saat ini penulis menggunakan penelitian diskriptif yang merupakan penelitian non hipotesis, sehingga dalam langkah penelitian tidak perlu merumuskan hipotesis, karena hipotesis hanya dibuat jika dipermasalahan menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih, sedangkan penelitian diskriptif hanya satu variabel dan tidak perlu hipotesis. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik Proportional random sampling. Artinya dari kelas yang ada (12 kelas) mendapat kesempatan yang sama untuk menjadikan sampel penelitian. Jika melihat populasi tersebut tersebut, ditetapkan sampel penelitian sebesar 25 % dari seluruh santri yang ada pada Yayasan At Taufiq Bhuju’ Emas Batah Timur Bangkalan yaitu (25 % X 322 Orang) = 38 Orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soleh, Hoddinhuddinsholeh949@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hoddin Soleh
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:34
Last Modified: 28 Nov 2016 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item