Peran alumni dalam pengembangan unit usaha pesantren: studi kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Furqon, Ainul (2016) Peran alumni dalam pengembangan unit usaha pesantren: studi kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Furqon F04214045 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang kontribusi alumni terhadap Pondok Pesantren Nurul Jadid dan kontribusi tersebut terhadap pengembangan unit usaha Pondok Pesantren Nurul Jadid. Data penelitian dihimpun dari dokumen yang berupa data tentang pelaksanaan yang meliputi Manajemen Alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid, Kerjasama antara Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ) dengan Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pengembangan Unit Usaha Pondok Pesantren Nurul Jadid, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Peran alumni adalah sebagaimana berikut: (1) Pembangunan Kantor Pusat Pondok Pesantren Nurul Jadid, bantuan-bantuan P4NJ saat itu adalah (a) P4NJ sebagai pembantu pengurus siap mengkoordinir alumni dan simpatisan dalam menggalang dana, (b) P4NJ siap membantu pesantren menggalang dana melalui usaha-usaha lain. (2) Pembangunan Masjid Nurul Jadid, pengurus P4NJ melakukan penggalangan dana kepada alumni, wali santri dan simpatisan. Selain itu, penggalangan dana juga melalui penjualan kalender dan CD Fihraz yang hasilnya menjadi sumbangan bagi Masjid Nurul Jadid. (3) Pendirian Unit Usaha Pesantren. P4NJ bekerjasama dengan institusi pemerintah memberikan pelatihan kepada karyawan unit usaha untuk mengembangkan kreativitasnya dengan cara dan pelatihan yang baik. Kemudian pada tahapan selanjutnya P4NJ memberikan inovatif baru dalam beberapa produk yang sudah ada. Kreativitas tersebut sebagaimana berikut: (1) Penambahan Mineral dalam AMDK Nurja Water, dan (2) Penataan NJ Mart. Sedangkan pengembangan ide usaha oleh alumni bisa dilihat dari pendirian Detergen Nurja Clean oleh P4NJ Situbondo. pendirian Koperasi Muamalat sebagai tempat simpan pinjam bagi masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Furqon, Ainulainulfurqon@yahoo.co.idF04214045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIED2015066502
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Alumni; pengembangan unit usaha pesantren
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Furqon Ainul
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:38
Last Modified: 14 Nov 2023 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14326

Actions (login required)

View Item View Item