This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Husnul (2000) TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LKS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTP NEGERI KEDAMEAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Sebagai salah satu komponen pendidikan metode menempati peranan yangb tidak kalah penting dari komponen yang lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan penyempurnaan kurikulum yang menitik beratkan pada penggunaan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar. Maka dalam hal ini memanfaatkan LKS dirasa sebagai salah satu metode yang baik diterapkan dalam kelangsungan proses belajar mengajar. Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peran pendidikan dalam mengelola dan mengatur proses belajar mengajar.disini tidak hanya terfokus pada informasi satu arah dari guru saja akan tetapi murid juga harus dilibatkan secara langsung dalam berbagai kegiatan yang harus dilakukan.
Pembahasan yang dibahas yaitu bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS dalam proses belajar mengajar di SLTP Negeri kedamean dan apa alasan mereka memberikan tanggapan seperti itu.
Dalam pembahasan ini di gunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pada pendekatan secara kuantutatif pada metode ini menggunakan tekhnik analisa data statistik diskriptif dengan rumus prosentase. Analisa ini digunakan untuk mengetahui berapa banyak tanggapan positif dan tanggapan negatif terhadap penggunaan LKS berdasarkan angket yang telah tersebar pada siswa. Pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dengan beberapa siswa dengan memadukan pada teori yang dapat mendukung pendapat siswa pada analisa ini digunakan untuk menggali data tentang mengapa siswa menanggapi positif dan negatif terhadap penggunaan LKS.
Tanggapan positif siswa terhadap penggunaan LKS diantaranya: LKS dapat menarik minat dan mendorong siswa untuk belajar, LKS dapat memudahkan siswa untuk belajar, LKS dapat meningkatkan prestasi siswa. Adapun alasan siswa menanggapi positif terhadap penggunaan LKS secara garis besarnya adalah bahwa LKS berisikan pokok materi pelajaran yang dimodifikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, berisikan kegiatan yang berguna dan isi LKS sering keluar dalam ujian. Sedangkan tanggapan negatif nya LKS dapat menimbulkan rasa jenuh, LKS dapat menambah beban siswa. Adapun siswa yang menanggapi negatif terhadap penggunaan LKS secara garis besarnya adalah hampir setiap mata pelajaran siswa ada LKS nya dan sering guru memberikannya secara bersaan sehingga mereka merasa terbebani dan akibatnya mereka malas belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi | ||||||
Keywords: | Belajar; Pendidikan Agama Islam; LKS | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2016 03:26 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14336 |
Actions (login required)
View Item |