Pembiayaan murabahah dalam meningkatkan pendapatan operasional PT. Bank Syariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyatin, Elis (2016) Pembiayaan murabahah dalam meningkatkan pendapatan operasional PT. Bank Syariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang strategi peningkatan pendapatan operasional dilakukan karena kekhuatiran peneliti terhadap implementasi produk pada perbankan syariah. Bank Syariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya mempunyai banyak produk pembiayaan yang menunjang peningkatan pendapatan operasional bank. Produk murabahah pada PT. Bank Syariah Mandiri menjadi produk penyumbang pendapatan opersional tertinggi, padahal dalam teori tidak dijelaskan bahwa pembiayaan murabahah meningkatkan pendapatan opersional. Namun dalam praktek pembiayaan murabahah menjadi penyumbang tertinggi, Hal ini menjadi pertanyaan bagi penulis apakah benar pembiayaan murabahah dapat meningkatkan pendapatan operasional. Peningkatan tersebut tidak akan terjadi dengan sendirinya, tapi mungkin ada faktor lain yang mendukung. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kebenaran pembiayaan murabahah dapat meningkatkan pendapatan operasional. Kejadian seperti ini diteliti secara ilmiah dengan penelitian kualitatif untuk mendapat jawaban dan dipertanggungjawabkan. Temuan dalam penelitian ini bahwa pembiayaan murabahah meningkatkan pendapatan operasional karena memang produk tersebut didesain untuk strategi dalam meningkatkan pendapatan operasional. Produk murabahah banyak diminati nasabah, sehingga PT. BankSyariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya menjadikan produk tersebut unggulan. Tidak hanya karena banyak diminati, alasan lain menjadi produk unggulan karena produk murabahah lebih mudah dalam operasionalnya dan pengawasannya. PT. Bank Syariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya tidak perlu ikut campur melakukan usaha nasabah dengan alasan bank tidak menjual barang dan melakukan usaha perbankan sendiri tetapi memberikan jasa peminjaman uang kepada nasabah yang membutuhkan dana. Produk murabahah menjadi produk unggulan, sehingga ada upaya bank untuk melakukan promosi yang berbeda dibandingkan produk lainnya. Dengan melakukan promosi tersebut ada upaya pihak bank menggiring nasabah untuk melakukan pembiayaan murabahah produktif. Setelah nasabah mendapat informasi produk, seharusnya nasabah memilih produk dengan sendirinya berdasarkan edukasi dengan pendampingan petugas. Karena keefektifan murabahah tersebut PT. Bank Syariah Mandiri KCP Wonocolo Surabaya menjadikan murabahah produk unggulan dalam meningkatkan pendapatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyatin, Eliselislutfiyatin@gmail.comF14213217
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfiyatin Elis
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:44
Last Modified: 29 Nov 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

View Item View Item