Komunikasi pemasaran terpadu: studi eksplorasi perencanaan strategi komunikasi pada Ikatan Dai Area Lokalisasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Rina Duwi (2016) Komunikasi pemasaran terpadu: studi eksplorasi perencanaan strategi komunikasi pada Ikatan Dai Area Lokalisasi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Rina Duwi Jayanti_F17214209 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pasca penutupan Dolly, IDIAL memiliki peran penting untuk membantu eks pekerja seks komersial, mucikari dan warga terdampak memulihkan perekonomian dengan cara yang halal. Tentu tidak mudah untuk meyakinkan eks pekerja seks komersial bahwa mereka akan tetap mendapatkan penghidupan yang layak walaupun sekarang usaha mereka berubah dan harus merintis dari bawah dengan penghasilan yang jauh di bawah penghasilan mereka dahulu. Di sisi lain, komunikasi pemasaran terpadu merupakan teknologi pemasaran yang seringkali digunakan untuk melipatgandakan tujuan usaha, namun belum banyak dikembangkan di organisasi non profit seperti lembaga dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan IDIAL (Ikatan Da’i Area Lokalisasi) pada konteks pasca penutupan Dolly menurut tinjauan teori komunikasi pemasaran terpadu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. IDIAL (Ikatan Da’i Area Lokalisasi) yang berkomitmen untuk melakukan alih fungsi dan alih profesi bagi eks mucikari dan pekerja seks komersial menerapkan bauran pemasaran terintegrasi untuk mencapai tujuan dakwahnya. proses komunikasi yang terintegrasi itu terlihat dalam penggunaan pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, periklanan dan menjalin hubungan masyarakat yang tertuang dalam perencanaan komunikasi dakwah IDIAL ( Ikatan Da’i Area Lokalisasi). Pertama, pemasaran langsung dilakukan dengan cara menyampaikan pesan secara langsung dari da’i kepada sasaran dakwah dan memanfaatkan tokoh yang dipanuti oleh sasarn dakwah. Kedua, penjualan personal dilakukan dengan cara menjalin hubungan yang baik antara da’i dengan sasaran dakwah. Ketiga, hubungan masyarakat juga dilakukan dengan cara menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga terkait yang mendukung kegiatan pembangunan masyarakat bebas prostitusi yang ditawarkan IDIAL dan melibatkan mereka secara langsung dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Keempat, iklan digunakan dengan cara mengundang wartawan dan media saat pemberian bantuan kepada eks pekerja seks komersial dan mucikari. Dengan begitu informasi pemberian bantuan dapat diketahui masyarakat luas. Kelima, promosi penjualan juga dilakukan dengan cara menawarkan manfaat-manfaat pembelian produk berupa keberkahan rejeki dan menjadi bidadari-bidadari surga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, Rina Duwirnwiijayanti@gmail.comF17214209
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keywords: Strategi dakwah; IDIAL; komunikasi pemasaran terpadu
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Jayanti Rina Duwi
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:41
Last Modified: 03 Nov 2023 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item