STUDI TENTANG PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMU YAYASAN WISMA SEMEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzuddin, Muhammad (1999) STUDI TENTANG PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMU YAYASAN WISMA SEMEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Agama islam di Indonesia ini sudah sejak lama telah membumi diantara bangsa kita ini. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya kerajaan kerajaan islam di seluruh nusantara sejak abad ke III masehi sehingga sadar ataupun tak sadar berbagai aspek kehidupan telah dijiwai dan diprakarsai oleh agama islam. Demikian pula dengan prilaku tiap individu dengan lingkungan masyarakat sekitarnya yang sedikit banyak telah terpengaruh oleh sikap religius. Disamping itu agama islam itu sendiri mempunyai dua dimensi yaitu dimensi ukhrowi, merupakan dimensi yang menyangkut hubungan manusia dengan tuhannya, dan dimensi duniawi merupakan dimensi yang menyangkut hubungan manusia dengan manusia. Secara tak lansung kedua dimensi ini bila terdapat dalam satu pribadi tiap individu akan menentukan dan bentuk kepribadian pemeluknya. Namun kenyataan yang banyak dijumpai dalam masyarakat terdapat suatu gradasi dalam pengaruhnya dua dimensi ini pada individu individu di masyarakat dengan adanya kepekaan sikap seseorang dalam masalah masalah kemasyarakatan.
Pada pembahasan ini akan membahas tentang 1). Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam? 2). Bagaimana prilaku siswa setelah mendapatkan pendidikan agama islam? 3). Bagaimana pengaruh pendidikan agama islam terhadap prilaku siswa? 4). Sejauh mana pendidikan agama islam terhadap prilaku agama islam?
Pada pembahasan ini pelaksanaan pendidikan agama islam yang diadakan di SMU yayasan wisma semen gresik cukup baik. Pada tujuan pendidikan agama islam yang ditetapkan di sekolah ini adalah meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha Esa dan berakhlak karimah serta mempunyai wawasan keagamaan yang tinggi. Prilaku siswa di SMU yayasan wisma semen dalam tingkatan baik. Ketaatan dan kepatuhan siswa kepada agama dengan melakukan ibadah shalat tiap hari baik itu yang diadakan di sekolah maupun melaksanakan sendiri di rumah. Setelah dilakukan penelitian tentang pengaruh pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa ternyata terdapat perilaku siswa dengan tingkat pengaruh yang sangat lemah. Jadi ada pengaruh pendidikan agama islam terhadap prilaku siswa yang sangat rendah dan lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzuddin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Perilaku Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 04:21
Last Modified: 22 Nov 2016 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item